Cara Memasak Spaghetti Carbonara

3 Resepi Spaghetti Carbonara (Cara Buat & Masak Guna Prego)

Spaghetti Carbonara adalah hidangan pasta klasik dari Italia yang terkenal dengan rasa krimi, gurih, dan sedikit pedas. Ini adalah hidangan yang sederhana tetapi penuh dengan rasa yang mendalam. Dalam panduan ini, saya akan memberi tahu Anda cara memasak Spaghetti Carbonara dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  1. 200 gram spaghetti – Anda juga bisa menggunakan pasta lainnya jika suka.
  2. 150 gram pancetta atau guanciale – Dua jenis daging asap Italia yang sering digunakan dalam Carbonara. Jika tidak ada, bacon juga bisa digunakan sebagai pengganti.
  3. 2 butir telur – Gunakan telur segar untuk rasa terbaik.
  4. 100 gram parmesan atau pecorino romano – Keju parmesan atau pecorino romano adalah kunci rasa Carbonara yang autentik. Potong keju menjadi potongan kecil atau parut sesuai selera.
  5. 2 siung bawang putih – Cincang halus.
  6. Garam dan lada hitam – Secukupnya untuk mengatur rasa.
  7. Minyak zaitun – Untuk menggoreng pancetta dan bawang putih.

Langkah 1: Merebus Spaghetti

  1. Rebus spaghetti dalam air mendidih yang telah ditambahkan garam secukupnya. Ikuti petunjuk pada kemasan spaghetti untuk memasaknya hingga al dente, yaitu ketika pasta masih agak kenyal tetapi matang. Setelah matang, tiriskan spaghetti.

Langkah 2: Menggoreng Pancetta dan Bawang Putih

  1. Panaskan sedikit minyak zaitun dalam wajan besar. Tumis pancetta atau guanciale yang telah dipotong kecil-kecil hingga menjadi renyah dan berwarna kecoklatan. Jika menggunakan bacon, potong bacon menjadi potongan kecil dan goreng sampai renyah.
  2. Tambahkan bawang putih yang telah dicincang dan tumis bersama pancetta sampai harum dan bawang putih berubah warna kuning keemasan. Pastikan untuk tidak membakar bawang putih.

Langkah 3: Membuat Campuran Telur dan Keju

  1. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur hingga rata. Tambahkan sebagian kecil dari parmesan atau pecorino romano yang telah dipotong atau parut. Aduk rata hingga bahan tercampur dengan baik. Simpan sisa keju untuk penyajian.
Read More :   Cara Memasak Terong Sambal Belacan

Langkah 4: Menggabungkan Semua Komponen

  1. Angkat spaghetti yang telah direbus dari panci dan segera campurkan ke dalam wajan dengan pancetta dan bawang putih yang telah digoreng. Pastikan spaghetti tercampur dengan baik dengan pancetta dan bawang putih.
  2. Tuangkan campuran telur dan keju yang telah Anda persiapkan ke dalam wajan dengan spaghetti. Aduk cepat dan rata, pastikan telur tidak menggumpal. Panaskan secara perlahan agar telur tidak menggumpal dan membentuk saus yang lembut.

Langkah 5: Penyajian

  1. Sajikan Spaghetti Carbonara di piring saji. Taburkan sisa parmesan atau pecorino romano yang telah Anda simpan sebelumnya di atasnya.
  2. Tambahkan sedikit lada hitam segar sesuai selera.
  3. Spaghetti Carbonara siap untuk dinikmati. Nikmati selagi hangat!

Tips Tambahan:

  • Pastikan untuk menggunakan telur yang segar dan berkualitas tinggi karena itu memengaruhi rasa akhir hidangan.
  • Jika Anda ingin menghindari telur mentah, Anda dapat menghangatkan campuran telur dan keju sedikit dalam wajan tanpa membuatnya menggumpal sebelum mencampurkannya dengan spaghetti.
  • Anda bisa menambahkan sedikit pasta air (air yang digunakan untuk merebus spaghetti) jika Carbonara terlalu kental.
  • Carbonara terbaik disajikan segera setelah dimasak. Jika harus memanaskan sisa Carbonara, lakukan dengan hati-hati agar telur tidak menggumpal.

Spaghetti Carbonara adalah hidangan pasta yang lezat dan memuaskan yang dapat Anda nikmati kapan saja. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan hidangan Carbonara yang lezat dan autentik di rumah. Selamat mencoba!