Cara Membuat Minuman Air Telang

Minuman air telang adalah minuman tradisional yang segar dan bermanfaat bagi kesehatan. Air telang dibuat dari ekstrak bunga telang, yang memiliki warna biru alami dan khas. Selain rasanya yang lezat, air telang juga dikenal karena kandungan antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan. Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan cara membuat minuman air telang yang segar dan menyehatkan.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai proses pembuatan air telang, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan dasar yang Anda perlukan:

Bahan Utama:

  1. 30-40 bunga telang segar atau 2-3 sendok makan bunga telang kering (bisa ditemukan di toko bahan makanan Indonesia atau toko rempah-rempah)
  2. 1 liter air

Bahan Penyajian (Opsional): 3. Gula pasir atau gula batu secukupnya (sesuai selera)

  1. Es batu atau es serut (jika suka dingin)

Langkah-langkah Membuat Air Telang:

1. Mencuci Bunga Telang:

  • Jika Anda menggunakan bunga telang segar, cuci bersih bunga tersebut di bawah air mengalir untuk menghilangkan debu atau kotoran.

2. Merebus Bunga Telang:

  • Jika Anda menggunakan bunga telang segar, rebus bunga tersebut dalam satu liter air hingga air berubah warna biru intens. Ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit.
  • Jika Anda menggunakan bunga telang kering, masukkan bunga tersebut ke dalam air panas dan biarkan meresap hingga air berubah warna biru. Ini biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit.
  • Setelah air berubah warna biru, matikan api dan biarkan bunga telang meresap dalam air selama beberapa jam atau semalaman untuk mendapatkan warna yang lebih pekat.

3. Mencuri Air Telang:

  • Saring air yang telah diberi warna biru dari bunga telang menggunakan saringan kain atau saringan halus untuk memisahkan bunga dan mendapatkan air telang yang jernih.
Read More :   Yang Tidak Disukai Kelelawar

4. Penyajian:

  • Air telang siap disajikan dalam gelas atau cangkir.
  • Jika Anda suka, tambahkan gula pasir atau gula batu sesuai selera. Aduk hingga gula larut dalam air telang.
  • Anda juga dapat menambahkan es batu atau es serut jika ingin minuman ini lebih segar.

5. Menikmati Air Telang:

  • Sekarang, Anda dapat menikmati air telang yang segar, sehat, dan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Air telang merupakan minuman yang cocok untuk dinikmati pada cuaca panas, karena rasa segar dan warna biru alaminya yang unik. Selain itu, air telang juga dikenal karena kandungan antioksidannya, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Selamat menikmati minuman air telang Anda!