Cara Membuat Kue Lobak

Resep Kue Lobak Goreng, Camilan Gurih Saat Imlek | Endeus.TV

Kue lobak, juga dikenal sebagai “radish cake” dalam bahasa Inggris atau “蘿蔔糕” (luóbo gāo) dalam bahasa Mandarin, adalah hidangan lezat dari masakan Tionghoa yang populer dalam hidangan dim sum. Kue lobak biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti lobak, tepung beras, dan bahan-bahan lain yang memberikan rasa dan tekstur yang khas. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat kue lobak sendiri:

Bahan-bahan:

Bagian Pertama (Pemadatan Lobak):

  1. 500 gram lobak (biasanya digunakan lobak putih), kupas dan parut kasar.
  2. 2 1/2 cangkir air.
  3. 1 sdt garam.

Bagian Kedua (Pengikat dan Pewarna): 4. 1 cangkir tepung beras.

  1. 1 cangkir air.
  2. 1/2 sdt garam.
  3. 1/4 sdt merica bubuk.
  4. Sejumput gula (opsional).
  5. Pewarna makanan (opsional).

Bagian Ketiga (Bahan Tambahan): 10. 2 sdm minyak sayur.

  1. 2 siung bawang putih, cincang halus.
  2. 1 sdm minyak wijen (opsional).
  3. Irisan bawang daun secukupnya (untuk hiasan).
  4. Saus cabai, saus tomat, atau saus hoisin (untuk penyajian).

Langkah-langkah:

Bagian Pertama (Pemadatan Lobak):

  1. Kupas dan parut kasar lobak. Anda juga bisa menggunakan pemotong serbaguna untuk memotong lobak menjadi potongan kecil, tergantung pada preferensi Anda terhadap tekstur.
  2. Panaskan 2 1/2 cangkir air dalam panci besar. Ketika air mendidih, tambahkan lobak parut dan 1 sdt garam. Masak lobak dalam air mendidih selama sekitar 5-7 menit atau hingga lobak lembut.
  3. Setelah lobak matang, tiriskan lobak dari air. Anda dapat menggunakan saringan atau memeras lobak dengan kain bersih untuk menghilangkan kelebihan air. Anda ingin mendapatkan tekstur lobak yang cukup kering.

Bagian Kedua (Pengikat dan Pewarna):

  1. Dalam mangkuk terpisah, campurkan 1 cangkir tepung beras, 1 cangkir air, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, gula (jika digunakan), dan pewarna makanan (jika digunakan). Aduk hingga bahan-bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.
  2. Masukkan campuran tepung beras ke dalam wajan anti lengket yang besar. Panaskan wajan dengan api kecil hingga campuran mengental. Aduk terus agar campuran tidak menggumpal dan menjadi seperti adonan.
  3. Setelah campuran mengental dan meletup-letup, tambahkan lobak yang telah dikeringkan (bagian pertama) ke dalam wajan. Aduk rata sehingga lobak tercampur merata dengan campuran tepung beras.
  4. Terus aduk campuran dengan api kecil selama sekitar 5-7 menit atau hingga campuran lobak dan tepung beras benar-benar tercampur dan terlihat homogen.
Read More :   Contoh Venture Capital

Bagian Ketiga (Bahan Tambahan):

  1. Panaskan 2 sdm minyak sayur dalam wajan anti lengket. Tumis bawang putih cincang halus hingga harum dan berwarna keemasan.
  2. Tuangkan bawang putih yang telah ditumis ke dalam campuran lobak dan tepung beras. Aduk rata.
  3. Jika Anda suka, tambahkan 1 sdm minyak wijen untuk memberikan rasa khas yang kaya.

Pengukusan dan Pemotongan:

  1. Siapkan wadah tahan panas (biasanya digunakan loyang persegi atau bulat) yang telah diolesi minyak.
  2. Tuangkan campuran kue lobak ke dalam wadah panas dan ratakan permukaannya.
  3. Kukus kue lobak dalam panci kukus yang sudah dipanaskan selama sekitar 45-60 menit atau hingga kue lobak matang. Pastikan untuk mengisi panci kukus dengan air sebelum memulai proses pengukusan.

Penyajian:

  1. Setelah kue lobak matang, dinginkan sebentar sebelum memotongnya menjadi potongan-potongan persegi atau segi enam.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan goreng potongan-potongan kue lobak hingga kedua sisi menjadi kecokelatan dan renyah.
  3. Hidangkan kue lobak dengan irisan bawang daun dan saus cabai, saus tomat, atau saus hoisin sesuai selera Anda.

Kue lobak adalah hidangan yang lezat dan beragam, dan Anda dapat mengkreasikan variasinya sendiri dengan menambahkan bahan-bahan seperti udang, daging babi cincang, atau jamur. Selamat mencoba!