Cara Membuat Bon Bon Mentos

Jual 1 Sak - MENTOS Mint Permen [50 butir] di Seller Adhins Smart Shop -  Adhins Smart Shop | Blibli

Bon Bon Mentos adalah permen yang memiliki lapisan luar keras dan renyah dengan inti beraroma dan berbuih. Membuat Bon Bon Mentos sendiri di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Bon Bon Mentos:

Bahan-bahan:

Bagian Luar:

  1. 1 cangkir gula pasir.
  2. 1/3 cangkir air.
  3. 1/4 sdt minyak spearmint (atau minyak esensial sesuai selera).
  4. Pewarna makanan (opsional).

Bagian Dalam (Isian): 5. 2 sdt baking soda.

  1. 1/4 sdt minyak esensial peppermint.
  2. 1/4 sdt minyak esensial menthol (opsional).

Alat-alat yang Diperlukan: 8. Termometer permen.

  1. Loyang persegi dengan alas berlapis silicon atau kertas roti.
  2. Gunting atau pisau tumpul.

Langkah-langkah:

1. Siapkan Alat dan Bahan:

Pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum memulai proses pembuatan Bon Bon Mentos. Siapkan termometer permen, loyang persegi dengan alas silicon atau kertas roti, dan gunting atau pisau tumpul.

2. Campur Bahan Luar:

Dalam panci berukuran sedang, campurkan gula pasir dan air. Panaskan campuran ini di atas api sedang sambil terus diaduk hingga gula larut sepenuhnya. Anda bisa menambahkan pewarna makanan saat ini jika Anda ingin Bon Bon Mentos berwarna.

3. Panaskan Campuran Hingga Suhu Tertentu:

Masukkan termometer permen ke dalam panci dan panaskan campuran gula dan air hingga mencapai suhu 150 derajat Celsius. Pastikan untuk terus mengaduk agar campuran tidak gosong.

4. Dinginkan dan Tambahkan Minyak Spearmint:

Setelah mencapai suhu yang tepat, angkat panci dari api dan biarkan campuran gula dan air dingin selama beberapa menit. Setelah agak dingin, tambahkan minyak spearmint (atau minyak esensial sesuai selera) dan aduk rata.

Read More :   Cara Membuat Sate Taichan

5. Bentuk Lapisan Luar:

Tuangkan campuran gula yang masih cair ke dalam loyang persegi yang telah disiapkan dengan alas silicon atau kertas roti. Biarkan campuran mengeras selama beberapa jam atau semalam hingga membentuk lapisan keras dan renyah.

6. Potong Lapisan Luar:

Setelah lapisan luar keras, gunakan gunting atau pisau tumpul untuk memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan untuk Bon Bon Mentos.

7. Campur Bahan Dalam (Isian):

Dalam mangkuk kecil, campurkan baking soda, minyak esensial peppermint, dan minyak esensial menthol (opsional). Aduk hingga bahan-bahan tercampur rata.

8. Bentuk Inti Berbuih:

Ambil potongan lapisan luar Bon Bon Mentos yang telah Anda potong dan letakkan di atas permukaan yang rata. Gunakan jari Anda untuk membentuk lubang kecil di tengah setiap potongan.

9. Isi dengan Campuran Baking Soda:

Gunakan sendok kecil atau pipet untuk mengisi setiap lubang dengan campuran baking soda dan minyak esensial yang telah Anda siapkan. Isi secukupnya agar Bon Bon Mentos Anda akan berbuih ketika dimakan.

10. Tutup Lubang:

Gulirkan atau bentuk kembali potongan Bon Bon Mentos Anda untuk menutupi lubang dan mengunci isian baking soda di dalamnya.

11. Biarkan Mengeras:

Biarkan Bon Bon Mentos Anda mengeras selama beberapa jam atau semalam hingga lapisan luar benar-benar keras.

12. Simpan dengan Baik:

Simpan Bon Bon Mentos dalam wadah kedap udara atau kantong kertas tertutup untuk menjaga kelezatan dan teksturnya.

Sekarang Anda telah berhasil membuat Bon Bon Mentos sendiri dengan rasa yang segar dan sensasi berbuih yang menyenangkan. Selamat mencoba!