Cara Membuat Sop Tomat Telur

Resep sop tomat telur simpel, enak, dan ekonomis

Sop Tomat Telur, adalah hidangan yang lezat dan bergizi yang cocok sebagai hidangan utama atau makanan penutup. Sostel terkenal dengan rasa tomat yang kaya dan manis yang dipadukan dengan tekstur lembut telur. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membuat sostel yang lezat di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 6 buah tomat ukuran sedang, potong dadu.
  • 1 buah bawang bombay besar, cincang halus.
  • 3 siung bawang putih, cincang halus.
  • 2 butir telur, kocok lepas.
  • 2 sdm minyak sayur.
  • 1 sdt garam (sesuai selera).
  • 1/2 sdt merica hitam.
  • 1/2 sdt gula.
  • 2 sdm saus tomat.
  • 1 liter kaldu sayur atau air.
  • Daun seledri atau peterseli segar untuk hiasan.

Langkah 1: Menyiapkan Bahan

Langkah pertama dalam membuat Sop Tomat Telur adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Potong tomat, cincang bawang bombay dan bawang putih, dan kocok telur hingga rata. Siapkan juga kaldu sayur atau air.

Langkah 2: Merebus Tomat

Panaskan minyak sayur dalam panci besar. Tumis bawang bombay dan bawang putih cincang hingga harum dan bawang bombay menjadi transparan. Selanjutnya, tambahkan potongan tomat dan aduk rata. Biarkan tomat matang dan meleleh, biasanya dalam waktu sekitar 10-15 menit. Aduk sesekali.

Langkah 3: Menambahkan Kaldu atau Air

Setelah tomat sudah lembut, tambahkan kaldu sayur atau air. Bawa campuran ini mendidih.

Langkah 4: Mengatur Rasa

Tambahkan garam, merica, gula, dan saus tomat ke dalam campuran. Aduk rata dan biarkan campuran mendidih selama beberapa menit untuk menggabungkan rasa-rasa tersebut. Anda dapat menyesuaikan jumlah garam dan gula sesuai dengan selera Anda.

Langkah 5: Menambahkan Telur

Setelah bumbu sudah tercampur dengan baik, tuangkan telur kocok ke dalam campuran sop sambil terus diaduk perlahan. Biarkan telur bergerak dan membentuk gumpalan-gumpalan yang lembut. Ini akan memberikan tekstur yang khas pada sostel.

Read More :   Kartun Panda Dan Beruang

Langkah 6: Mematikan Api

Setelah telur matang, matikan api. Sop Tomat Telur Anda siap disajikan.

Langkah 7: Menyajikan Sostel

Sajikan Sop Tomat Telur panas dalam mangkuk atau piring saji. Anda bisa menambahkan hiasan dengan daun seledri atau peterseli segar di atasnya untuk memberikan sentuhan segar. Sop Tomat Telur biasanya disajikan dengan roti tawar atau nasi putih.

Sop Tomat Telur adalah hidangan yang mudah dan cepat dibuat, cocok untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Rasanya yang gurih dan manis dari tomat yang dikombinasikan dengan lembutnya telur membuatnya menjadi hidangan yang disukai banyak orang.

Anda juga bisa menyesuaikan resep ini dengan menambahkan bahan-bahan tambahan seperti wortel, kacang polong, atau daging ayam jika Anda menginginkan variasi yang lebih banyak. Semoga panduan ini membantu Anda membuat Sop Tomat Telur yang lezat di rumah!