Cara Membuat Sunlight Sendiri

Cara Membuat Sabun Cuci Piring Jadi Lebih Hemat dan Banyak - YouTube

Sunlight adalah merek sabun pencuci piring yang terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia. Membuat Sunlight sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang ramah lingkungan dan lebih hemat biaya. Berikut adalah cara membuat sabun pencuci piring alami sendiri :

Bahan-bahan:

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan:

  1. 2 batang sabun Castile (misalnya, Dr. Bronner’s Castile Soap) atau sabun alami lainnya, sekitar 200 gram total
  2. 2 sdm soda kue
  3. 2 sdm air panas
  4. 2 sdm cuka putih
  5. 15 tetes minyak esensial (opsional, untuk aroma)
  6. Wadah kosong untuk menyimpan sabun pencuci piring

Langkah-langkah:

  1. Potong Sabun Castile:
    • Mulailah dengan memotong dua batang sabun Castile menjadi potongan-potongan kecil. Anda dapat menggunakan pisau dapur atau grater untuk melakukannya.
  2. Cairkan Sabun:
    • Masukkan potongan sabun Castile ke dalam wadah yang tahan panas.
    • Tambahkan 2 sdm air panas ke dalam wadah dan aduk sabun hingga larut sepenuhnya. Anda dapat menggunakan sendok kayu atau spatula untuk ini.
  3. Tambahkan Soda Kue:
    • Setelah sabun larut, tambahkan 2 sdm soda kue ke dalam campuran. Soda kue membantu membersihkan lemak dan kotoran yang ada di piring.
  4. Aduk Rata:
    • Aduk campuran sabun Castile dan soda kue hingga merata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Tambahkan Cuka:
    • Setelah campuran tercampur rata, tambahkan 2 sdm cuka putih. Cuka membantu menghilangkan noda dan meningkatkan efektivitas sabun pencuci piring alami Anda.
  6. Minyak Esensial (Opsional):
    • Jika Anda ingin memberikan aroma pada sabun pencuci piring Anda, tambahkan 15 tetes minyak esensial pilihan Anda. Anda dapat menggunakan minyak esensial lemon, jeruk, lavender, atau aroma lain yang Anda sukai. Pastikan untuk memilih minyak esensial yang aman untuk digunakan di sabun pencuci piring.
  7. Aduk dan Dinginkan:
    • Aduk campuran dengan baik sehingga semua bahan tercampur rata dan minyak esensial meresap dengan baik.
    • Diamkan campuran selama beberapa jam atau semalam hingga mengental.
  8. Transfer ke Wadah Penyimpanan:
    • Setelah campuran mengental, transfer sabun pencuci piring alami Anda ke wadah penyimpanan yang sesuai. Anda dapat menggunakan botol bekas yang telah Anda bersihkan dengan baik atau wadah plastik yang tahan air.
  9. Gunakan Sabun Pencuci Piring:
    • Sabun pencuci piring alami yang Anda buat siap digunakan. Cukup tambahkan sejumlah kecil sabun pada spons atau sikat piring dan cuci piring Anda seperti biasa.
  10. Catatan:
    • Pastikan untuk menghindari kontaminasi air ke dalam wadah penyimpanan, karena air dapat menyebabkan sabun Anda menggumpal atau berubah warna.
    • Simpan sabun pencuci piring alami Anda di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kualitasnya.
Read More :   Resep Membuat Udang Telur Asin

Sabun pencuci piring alami yang Anda buat sendiri tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga lebih aman untuk digunakan di peralatan dapur yang bersentuhan dengan makanan. Anda dapat menyesuaikan aroma sabun sesuai dengan preferensi Anda dan menghindari bahan kimia berbahaya yang mungkin ada dalam produk komersial. Selamat mencoba membuat sabun pencuci piring alami yang berkualitas di rumah!