Cara Mengetahui Ciri Khas Dari Hewan Kancil

Kancil Sering Digambarkan Cerdik dan Lincah, Bagaimana di Kehidupan  Nyatanya? #MendongenguntukCerdas - Semua Halaman - Bobo

Kancil, atau dikenal juga dengan nama panggilan “mouse deer” dalam bahasa Inggris, adalah hewan yang unik dan menarik. Meskipun ukurannya kecil, kancil memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dari hewan lain. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa ciri khas dari hewan kancil.

1. Ukuran Kecil: Kancil adalah salah satu hewan terkecil di dunia. Mereka memiliki tubuh yang ramping dengan panjang sekitar 40-75 cm dan tinggi sekitar 20-35 cm. Tubuhnya yang mungil membuatnya mudah bersembunyi di semak-semak dan hutan.

2. Tubuh yang Elegan: Salah satu ciri khas kancil adalah bentuk tubuhnya yang anggun dan elegan. Mereka memiliki leher yang panjang, mata besar, dan telinga yang runcing. Bulu kancil biasanya berwarna coklat atau keabu-abuan dengan corak-cora khas di bagian tubuhnya.

3. Kakinya yang Panjang: Kancil memiliki kaki yang panjang, yang membantu mereka berlari dengan cepat dan melompat tinggi. Kaki-kaki ini juga memungkinkan mereka untuk menghindari bahaya dengan mudah.

4. Taring Gigi Atas yang Panjang: Salah satu ciri khas yang paling mencolok pada kancil adalah gigi taring yang panjang pada rahang atas mereka. Gigi taring ini digunakan untuk memakan dedaunan, buah-buahan, dan tumbuhan lainnya. Meskipun memiliki gigi taring, kancil sebenarnya adalah hewan herbivora yang tidak memakan daging.

5. Kelenjar Berair di Tungkai: Kancil memiliki kelenjar berair di sekitar tungkai mereka. Kelenjar ini digunakan untuk menghasilkan zat berair yang digunakan untuk menandai wilayah mereka atau untuk menarik pasangan selama musim kawin.

6. Mata yang Besar dan Telinga yang Sensitif: Kancil memiliki mata yang besar dan telinga yang sangat sensitif. Mata besar membantu mereka melihat dengan baik dalam kondisi cahaya yang rendah, sementara telinga yang sensitif membantu mereka mendengar suara-suara bahaya atau predator yang mendekat.

Read More :   Pasar Beruang Medan

7. Hidup Soliter atau dalam Pasangan Kecil: Kancil biasanya hidup soliter atau dalam pasangan kecil, meskipun terkadang mereka bisa ditemukan dalam kelompok yang lebih besar jika sumber makanan melimpah. Mereka adalah hewan yang agak pemalu dan cenderung menghindari kontak dengan manusia atau hewan lain.

8. Cara Berlari yang Unik: Kancil memiliki cara berlari yang unik. Mereka tidak hanya berlari dengan cepat, tetapi juga melompat dengan tinggi. Ini adalah salah satu cara mereka menghindari bahaya. Selain itu, mereka mampu berenang dengan baik dan sering kali melarikan diri ke dalam air jika merasa terancam.

9. Pola Aktivitas Malam: Kancil adalah hewan nokturnal, yang berarti mereka lebih aktif pada malam hari. Mereka keluar untuk mencari makan dan melakukan aktivitas mereka pada malam hari untuk menghindari predator yang lebih aktif pada siang hari.

10. Kancil dalam Mitologi dan Budaya: Kancil sering kali menjadi tokoh dalam cerita-cerita rakyat dan mitologi di berbagai budaya di Asia Tenggara. Mereka sering dianggap sebagai hewan cerdas dan licik yang mampu mengatasi bahaya dengan kecerdasan mereka.

Kesimpulan: Kancil adalah hewan yang unik dan menarik dengan berbagai ciri khas yang membedakannya dari hewan lain. Ukurannya yang kecil, gigi taring yang panjang, dan cara berlari yang unik membuatnya menjadi hewan yang menarik untuk dipelajari dan dipahami. Meskipun kecil, kancil memiliki peran penting dalam ekosistem dan budaya di berbagai wilayah di Asia Tenggara.