Cara Menggunakan Blender Portabel

10 Rekomendasi Blender Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2023) [Ditinjau oleh  Chef] | mybest

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka yang kuat untuk desain 3D, animasi, rendering, dan banyak lagi. Blender Portable adalah versi Blender yang dapat dijalankan dari perangkat penyimpanan eksternal seperti USB drive tanpa instalasi pada komputer. Ini sangat berguna untuk bepergian atau saat Anda bekerja di komputer yang tidak memungkinkan instalasi perangkat lunak tambahan. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara menggunakan Blender Portable.

Langkah 1: Unduh Blender Portable Langkah pertama adalah mengunduh Blender Portable. Anda dapat menemukan versi Blender Portable yang terbaru di situs web resmi Blender (https://www.blender.org/download/portable/). Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda (Windows, macOS, atau Linux).

Langkah 2: Ekstrak File Setelah mengunduh Blender Portable, ekstrak file ZIP ke lokasi di komputer Anda atau perangkat penyimpanan eksternal seperti USB drive. Pastikan Anda memiliki cukup ruang kosong di perangkat penyimpanan eksternal Anda.

Langkah 3: Buka Blender Portable Cari folder tempat Anda mengekstrak Blender Portable, dan temukan file eksekusi Blender (biasanya bernama “blender.exe” untuk Windows, “blender” untuk macOS, dan “blender” untuk Linux). Klik dua kali pada file tersebut untuk membuka Blender Portable.

Langkah 4: Tampilan Antarmuka Blender Setelah Blender Portable terbuka, Anda akan melihat tampilan antarmuka Blender yang khas. Ini terdiri dari berbagai jendela, termasuk jendela 3D Viewport, Properties, Outliner, dan banyak lagi. Antarmuka Blender mungkin terlihat rumit pada awalnya, tetapi dengan latihan, Anda akan menjadi lebih akrab dengannya.

Langkah 5: Mulai Proyek Baru Untuk memulai proyek baru, Anda dapat pergi ke “File” dan pilih “New” atau cukup tekan tombol Ctrl + N. Ini akan membersihkan proyek saat ini dan memberi Anda kanvas kosong untuk bekerja.

Read More :   Telur Ayam Cemani

Langkah 6: Membuat Objek 3D Anda dapat membuat objek 3D dengan beberapa cara. Salah satu cara termudah adalah dengan menekan tombol Shift + A untuk membuka menu “Add”. Dari sini, Anda dapat memilih berbagai jenis objek seperti kubus, bola, silinder, dan lainnya.

Langkah 7: Mengedit dan Transformasi Objek Untuk mengedit objek yang telah Anda buat, Anda dapat memilihnya dengan mengkliknya di tampilan 3D Viewport. Kemudian, Anda dapat menggunakan alat-alat transformasi seperti move, rotate, dan scale untuk mengubah posisi, rotasi, dan ukuran objek.

Langkah 8: Menggunakan Modifikasi Blender memiliki berbagai modifikasi yang memungkinkan Anda untuk mengubah objek dengan berbagai cara. Anda dapat menambahkan modifikasi seperti Subdivision Surface untuk membuat objek menjadi lebih halus, atau Boolean untuk menggabungkan atau memotong objek.

Langkah 9: Material dan Textur Anda dapat memberikan objek material dan tekstur dengan membuka tab “Material” dan “Texture” di Properties panel. Di sini, Anda dapat menentukan warna, permukaan, dan berbagai atribut lainnya.

Langkah 10: Animasi Salah satu keunggulan Blender adalah kemampuannya untuk membuat animasi. Anda dapat menganimasikan objek dengan keyframes, menggerakkan objek di sepanjang lintasan, atau membuat karakter 3D yang kompleks.

Langkah 11: Rendering Saat proyek Anda selesai, Anda dapat merender gambar atau animasi Anda dengan mengklik tombol “Render” di atas. Anda dapat mengatur pengaturan render di Properties panel, seperti resolusi, format output, dan lainnya.

Langkah 12: Simpan Proyek Terakhir, pastikan untuk menyimpan proyek Anda secara berkala dengan mengklik “File” dan kemudian “Save” atau “Save As”. Anda dapat memilih lokasi penyimpanan proyek Anda, dan Blender Portable akan menyimpan file proyek dalam format .blend.

Read More :   Cara Membuat Sanggul Dari Rambut Sendiri

Itulah beberapa langkah dasar dalam menggunakan Blender Portable. Meskipun Blender memiliki kurva belajar yang curam, dengan latihan dan eksperimen, Anda dapat menghasilkan karya seni 3D yang mengagumkan. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai fitur dan alat yang tersedia dalam Blender Portable untuk mengembangkan keterampilan Anda dalam dunia desain 3D.