Cara Menyelesaikan Rubik Dengan Dengan Cepat

Cara Menyelesaikan Kubus Rubik 3×3 Tanpa Pengalaman | Panduan untuk Pemula  - YouTube

Menyelesaikan Rubik’s Cube dengan cepat adalah prestasi yang memerlukan latihan dan pemahaman yang baik tentang teknik-teknik khusus. Dalam panduan ini, saya akan memberikan panduan singkat tentang bagaimana cara menyelesaikan Rubik’s Cube 3×3 dengan cepat. Ini akan mengikuti metode Fridrich, yang merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan oleh speedcuber untuk menyelesaikan kubus dengan cepat.

Langkah 1: Menyelesaikan Kubus Putih Pertama Langkah pertama adalah menyelesaikan satu sisi kubus, biasanya dimulai dengan sisi putih. Tujuannya adalah membuat sisi putih yang solid. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Memulai dengan Silangan Putih: Temukan tengah putih (yang tidak berubah warna) dan buatlah silangan dengan menyelesaikan baris tengah. Pastikan baris ini cocok dengan tengah putih.
  2. Menyelesaikan Ekor Putih: Perhatikan sisi putih yang belum selesai. Temukan dua potongan tepi yang cocok dengan tengah putih dan posisikan mereka dengan benar sehingga baris putih di bagian bawah lengkap.

Langkah 2: Menyelesaikan Semua Sisi Bagian Atas (F2L) Sekarang, fokus pada menyelesaikan empat sisi samping dari kubus. Ini disebut First Two Layers (F2L) dan melibatkan memasangkan sudut dan tepi dengan benar. Langkah ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang algoritma, tetapi berikut adalah langkah dasarnya:

  1. Memasangkan Sudut dan Tepi: Pada langkah ini, Anda akan mencoba memasangkan sudut dan tepi yang cocok dengan memutar kubus Anda. Ini akan memerlukan pemahaman tentang bagaimana sudut dan tepi berinteraksi satu sama lain.
  2. Menggunakan Algoritma: Kadang-kadang, Anda mungkin perlu menggunakan algoritma khusus untuk memasangkan sudut dan tepi dengan benar. Praktek adalah kunci di sini.

Langkah 3: Menyelesaikan Kubus Atas (OLL) Setelah Anda menyelesaikan dua lapisan pertama, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan semua sudut di sisi atas (top layer). Ini disebut Orienting the Last Layer (OLL). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi Sudut: Putar sudut-sudut sisi atas hingga semua sudutnya menghadap ke atas. Ini akan memberi Anda pola yang konsisten di sisi atas.
  2. Menggunakan Algoritma OLL: Anda akan memerlukan algoritma khusus untuk mengatur sudut-sudut sisi atas dengan benar. Ada banyak algoritma yang perlu dihafal untuk langkah ini.
Read More :   Penangkaran Penyu Di Pangandaran

Langkah 4: Menyelesaikan Kubus (PLL) Langkah terakhir adalah menyelesaikan semua tepi di sisi atas (top layer). Ini disebut Permuting the Last Layer (PLL). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mengatur Tepi: Posisikan semua tepi di sisi atas dengan benar. Ini dapat melibatkan permutasi tepi, yang dapat diselesaikan dengan algoritma khusus.
  2. Menggunakan Algoritma PLL: Anda akan memerlukan beberapa algoritma khusus untuk menyelesaikan langkah ini. Tujuannya adalah untuk memindahkan tepi-tepi ke posisi yang benar sehingga sisi atas menjadi solid.

Langkah 5: Praktek dan Kecepatan Kecepatan dalam menyelesaikan Rubik’s Cube datang dengan praktek yang konsisten. Anda perlu mengingat algoritma-algoritma yang diperlukan untuk OLL dan PLL serta memahami F2L dengan baik. Latihan secara rutin akan membantu Anda mengurangi waktu penyelesaian Anda.

Tips Tambahan:

  • Gunakan notasi kubus untuk mencatat langkah-langkah dan algoritma yang penting.
  • Pelajari beberapa algoritma untuk OLL dan PLL setiap saat, jangan coba menghafal semuanya sekaligus.
  • Tetap tenang dan fokus saat memecahkan kubus. Jangan terburu-buru atau panik jika Anda membuat kesalahan.
  • Saksikan video tutorial dan pelajari dari speedcuber berpengalaman untuk memahami teknik-teknik yang lebih baik.

Menyelesaikan Rubik’s Cube dengan cepat memerlukan kesabaran dan dedikasi. Dengan latihan terus-menerus, Anda akan memperbaiki keterampilan Anda dan dapat menyelesaikan kubus dalam waktu yang lebih singkat. Selamat berlatih!