Cara Membuat Keripik Nangka

Resep Tanpa Mesin | Keripik Nangka Tahan 2 Bulan oleh Wardat El Ouyun -  Cookpad

Membuat keripik nangka (jackfruit chips) sendiri di rumah adalah cara yang lezat dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Dalam panduan ini, saya akan memberikan instruksi langkah demi langkah tentang cara membuat keripik nangka. Keripik nangka adalah camilan yang populer di berbagai negara Asia Tenggara, terutama Indonesia. Mereka memiliki rasa manis dan gurih yang unik. Berikut adalah resepnya:

Bahan-Bahan:

  1. Buah Nangka: Ambil nangka yang sudah matang (yang masih muda lebih cocok untuk keripik). Anda akan memerlukan sekitar 1 nangka besar.
  2. Minyak Goreng: Gunakan minyak goreng nabati seperti minyak kelapa atau minyak sayur, cukup untuk menggoreng.
  3. Garam: Sejumput garam atau sesuai selera.
  4. Air Jeruk Limau (Opsional): Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan sedikit air jeruk limau untuk memberikan rasa segar pada keripik nangka.

Langkah 1: Persiapan Nangka

  • Bersihkan nangka terlebih dahulu. Potong ujungnya dan belah nangka menjadi dua bagian. Setelah itu, potong bagian nangka menjadi potongan-potongan kecil yang rata. Anda bisa memilih ukuran potongan sesuai selera, tetapi pastikan agar potongan nangka tidak terlalu tebal.

Langkah 2: Rendam Nangka dalam Air Garam

  • Siapkan mangkuk besar berisi air garam. Rendam potongan nangka dalam air garam ini selama sekitar 15-20 menit. Rendamannya membantu menghilangkan getah nangka yang lengket.

Langkah 3: Menyaring dan Mengeringkan

  • Setelah direndam, tiriskan potongan nangka dan seka dengan handuk kering atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan air. Pastikan potongan nangka benar-benar kering sebelum menggoreng.

Langkah 4: Penggorengan Pertama

  • Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup panas sebelum Anda memasukkan potongan nangka. Cara sederhana untuk menguji panas minyak adalah dengan meletakkan sepotong nangka ke dalam minyak; jika nangka langsung mulai bergelembung, minyak sudah siap.
  • Goreng potongan nangka dalam minyak panas hingga warnanya mulai berubah menjadi kecokelatan dan keripik terlihat menggembung. Ini biasanya memakan waktu sekitar 5-7 menit. Pastikan untuk membalik potongan nangka agar matang merata.
Read More :   Ciri khas makanan yang terkenal di Indonesia

Langkah 5: Menyaring dan Mengistirahatkan

  • Gunakan tong atau saringan untuk mengangkat keripik nangka dari minyak goreng dan letakkan di atas kertas tisu atau kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak. Biarkan keripik nangka beristirahat selama beberapa jam hingga benar-benar kering dan renyah.

Langkah 6: Penggorengan Kedua (Opsional)

  • Jika Anda ingin membuat keripik nangka yang lebih renyah, Anda dapat melakukan penggorengan kedua. Panaskan minyak dalam wajan lagi hingga panas, kemudian goreng kembali keripik nangka yang telah diistirahatkan tadi hingga warna menjadi kecokelatan dan renyah sempurna. Ini hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 menit. Pastikan untuk memantau dengan cermat agar keripik tidak terlalu gosong.

Langkah 7: Penyimpanan dan Penyajian

  • Setelah keripik nangka benar-benar dingin, simpan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik yang rapat. Keripik nangka dapat bertahan hingga beberapa minggu jika disimpan dengan baik.
  • Sajikan keripik nangka sebagai camilan lezat atau makanan ringan. Nikmati rasa manis dan gurihnya!