Makanan Khas Semarang

5 Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Wajib Dijajal Saat Liburan -  Wisata Katadata.co.id

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan ragam kuliner lezatnya. Kota ini memiliki warisan kuliner yang kaya, dengan cita rasa yang beraneka ragam dan makanan khas yang memikat lidah. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan khas Semarang yang patut dicoba jika Anda berada di kota ini.

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah hidangan yang terkenal dari kota ini. Ini adalah jenis lumpia yang berisi rebung, telur, udang, ayam, dan rempah-rempah. Kulit lumpia biasanya dibuat tipis dan renyah, dan lumpia ini biasanya disajikan dengan saus kacang yang lezat. Lumpia Semarang dapat ditemukan di banyak tempat di Semarang, mulai dari penjual kaki lima hingga restoran mewah.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah hidangan yang sangat populer di Semarang. Ini terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan berbagai bahan pelengkap seperti taoge (kecambah tauge), telur, lontong (nasi ketan yang dibungkus daun pisang), tauge, tauge, dan saus kacang yang gurih dan pedas. Hidangan ini kaya akan tekstur dan rasa yang beragam, menjadikannya pilihan yang sangat lezat.

3. Mie Kopyok

Mie Kopyok adalah hidangan mie yang khas dari Semarang. Mie ini berbeda dari mie pada umumnya karena dibuat dari adonan yang dicampur dengan air panas sehingga menghasilkan tekstur yang unik dan kenyal. Mie Kopyok biasanya disajikan dengan kuah bening, potongan daging ayam atau udang, dan irisan daun bawang. Ini adalah makanan yang menyenangkan dan cocok untuk dinikmati dalam cuaca panas maupun dingin.

4. Tahu Campur

Tahu Campur adalah hidangan berbahan dasar tahu yang sangat populer di Semarang. Hidangan ini terdiri dari tahu goreng yang diiris tipis, bakmi (mie), daging ayam, udang, kuah kaldu yang lezat, dan potongan daun bawang serta kacang tanah sangrai sebagai topping. Kuah kaldu biasanya beraroma harum karena bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam proses memasaknya.

Read More :   Cara Membuat Ayam Geprek

5. Wingko Babat

Wingko Babat adalah makanan manis yang terbuat dari kelapa parut, gula kelapa, dan tepung ketan. Ini adalah camilan tradisional yang sangat lezat dan sering dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Wingko Babat biasanya dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang kenyal serta rasa manis yang khas.

6. Mie Ongklok

Mie Ongklok adalah hidangan mie yang unik dan khas dari daerah Wonosobo di sekitar Semarang. Mie ini terbuat dari campuran tepung beras dan ketan, yang memberikannya tekstur yang kenyal dan lembut. Mie Ongklok biasanya disajikan dengan kuah ayam yang khas dan daging ayam yang lezat. Ini adalah hidangan yang cocok untuk mereka yang mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

7. Es Dawet

Es Dawet adalah minuman penutup yang menyegarkan yang populer di Semarang. Ini terbuat dari berbagai bahan, termasuk agar-agar hijau, santan kelapa, sirup gula merah, dan es serut. Dawet biasanya disajikan dalam mangkuk atau gelas besar dan merupakan minuman yang cocok untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tenggorokan di cuaca panas.

8. Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah hidangan nasi yang terkenal di Semarang. Ini adalah nasi yang dimasak dengan campuran daging sapi, daging ayam, dan kelapa parut, yang memberikan rasa yang khas dan gurih. Nasi Gandul biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, tauge, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

9. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah salah satu varian soto yang populer di Semarang. Ini adalah sup yang terbuat dari kaldu ayam dengan rempah-rempah khas dan disajikan dengan potongan daging ayam, tauge, telur rebus, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan sambal dan jeruk nipis sebagai tambahan.

Read More :   Cara Menyimpan Susu Beruang Untuk Masker

10. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri adalah makanan penutup yang populer di Semarang. Ini terbuat dari ketan yang digiling hingga halus, dicampur dengan gula merah, dan kemudian diiris menjadi potongan-potongan kecil. Gethuk Lindri biasanya diberi taburan kelapa parut dan merupakan makanan manis yang sangat enak dan cocok untuk menutup hidangan.

Ini hanyalah beberapa contoh makanan khas Semarang yang memikat lidah. Kota ini memiliki banyak lagi kuliner lezat yang bisa dinikmati oleh pecinta makanan. Jika Anda berkunjung ke Semarang, pastikan untuk mencoba beberapa hidangan khas ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.