Pakan Ayam Petelur Terbaik [Bagus + Kualitas Tinggi]: Panduan Lengkap

Selamat datang di blog kami! Di artikel ini, kami akan membahas tentang pakan ayam petelur terbaik yang bagus dan berkualitas tinggi. Ayam petelur merupakan sumber penghasil telur yang sangat penting dalam industri peternakan. Untuk memastikan ayam petelur Anda tetap sehat dan produktif, memberikan pakan yang tepat sangatlah penting.

Di dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan yang lengkap mengenai pakan ayam petelur terbaik. Kami akan membahas berbagai macam aspek, mulai dari kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ayam petelur, jenis-jenis pakan yang ada di pasaran, hingga tips dalam memilih pakan yang bagus dan berkualitas tinggi untuk ayam petelur Anda.

Nutrisi yang Diperlukan oleh Ayam Petelur

Bagian ini akan membahas secara detail tentang nutrisi yang diperlukan oleh ayam petelur. Nutrisi yang tepat akan memastikan kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus terpenuhi dalam pakan ayam petelur:

Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ayam petelur. Protein berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk produksi telur. Ayam petelur membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup untuk memproduksi telur dengan kualitas yang baik. Sumber protein yang bagus untuk ayam petelur antara lain ikan, daging, dan produk olahan kedelai.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi ayam petelur. Karbohidrat yang dikonsumsi akan diubah menjadi energi yang digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh, termasuk produksi telur. Ayam petelur membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang cukup untuk menjaga keaktifan dan produktivitas mereka. Sumber karbohidrat yang baik untuk ayam petelur adalah biji-bijian, seperti jagung dan gandum.

Lemak

Lemak juga merupakan sumber energi bagi ayam petelur. Lemak memberikan energi yang lebih padat dibandingkan dengan karbohidrat. Lemak juga berperan dalam penyerapan vitamin dan pelumas bagi sendi-sendi ayam petelur. Pemberian lemak yang tepat dapat meningkatkan kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Sumber lemak yang baik untuk ayam petelur adalah minyak ikan, minyak kedelai, dan minyak nabati lainnya.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil oleh ayam petelur. Namun, keberadaan vitamin dan mineral yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Vitamin dan mineral berperan dalam berbagai proses tubuh, termasuk metabolisme dan pembentukan tulang. Beberapa vitamin dan mineral yang penting bagi ayam petelur antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, fosfor, dan selenium.

Dengan memastikan pakan ayam petelur mengandung nutrisi yang diperlukan secara proporsional, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jenis-Jenis Pakan Ayam Petelur

Ada berbagai macam jenis pakan ayam petelur yang tersedia di pasaran. Pada bagian ini, kami akan memberikan penjelasan tentang pakan komersial, pakan organik, serta pakan buatan sendiri. Kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis pakan tersebut.

Pakan Komersial

Pakan komersial merupakan jenis pakan yang diproduksi secara massal oleh perusahaan pakan ternak. Pakan komersial umumnya mengandung campuran berbagai bahan pakan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ayam petelur. Kelebihan pakan komersial adalah ketersediaannya yang mudah, konsistensi kandungan nutrisi yang terjamin, serta kemudahan dalam penggunaannya. Namun, kekurangan pakan komersial adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan pakan buatan sendiri.

Pakan Organik

Pakan organik merupakan jenis pakan yang terbuat dari bahan-bahan organik, seperti biji-bijian dan hijauan organik. Pakan organik tidak mengandung bahan kimia sintetis, seperti pestisida dan pupuk buatan. Kelebihan pakan organik adalah bebas dari residu bahan kimia, lebih ramah lingkungan, dan memberikan telur dengan kualitas yang lebih baik. Namun, kekurangan pakan organik adalah harganya yang cenderung lebih mahal dan ketersediaannya yang terbatas.

Pakan Buatan Sendiri

Pakan buatan sendiri adalah pakan yang dibuat secara mandiri oleh peternak. Peternak dapat mencampurkan berbagai bahan pakan, seperti biji-bijian, dedak, dan sisa makanan, untuk membuat pakan sesuai dengan kebutuhan ayam petelur. Kelebihan pakan buatan sendiri adalah biaya produksi yang lebih murah dan fleksibilitas dalam menyesuaikan kandungan nutrisi. Namun, kekurangan pakan buatan sendiri adalah kesulitan dalam mencari bahan pakan berkualitas dan risiko tidak seimbangnya kandungan nutrisi dalam pakan.

Read More :   INFO RESMI Pengumuman Perubahan Jadwal Kelulusan: Panduan Lengkap dan Terpercaya

Dengan memahami jenis-jenis pakan ayam petelur yang ada, Anda dapat memilih jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Tips Memilih Pakan Ayam Petelur yang Bagus

Pemilihan pakan yang bagus adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Pada bagian ini, kami akan memberikan tips dalam memilih pakan ayam petelur yang bagus dan berkualitas tinggi. Kami akan menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih pakan, seperti kandungan nutrisi, bahan-bahan yang digunakan, serta merek terpercaya.

Kandungan Nutrisi

Saat memilih pakan ayam petelur, pastikan untuk memeriksa kandungan nutrisinya. Periksa apakah pakan mengandung jumlah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan ayam petelur. Pilihlah pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk mendukung kesehatan dan produktivitas ayam petelur.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Perhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam pakan ayam petelur. Pastikan bahan-bahan tersebut berkualitas dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Pilihlah pakan yang menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas tinggi untuk memastikan kesehatan dan keamanan ayam petelur Anda.

Merek Terpercaya

Pilihlah pakan ayam petelur dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Merek yang terpercaya umumnya telah diuji dan terbukti memberikan pakan berkualitas tinggi. Lakukan riset tentang merek-merek pakan yang tersedia di pasaran dan baca ulasan dari pengguna lain sebelum memutuskan untuk membeli.

Dengan tips memilih pakan yang bagus, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda secara optimal.

Cara Memberikan Pakan yang Tepat

Pemberian pakan yang tepat juga sangat penting dalam merawat ayam petelur. Bagian ini akan memberikan panduan tentang frekuensi pemberian pakan, cara memberikan pakan yang benar, serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat memberikan pakan kepada ayam petelur.

Frekuensi Pemberian Pakan

Untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur, pakan harus diberikan secara teratur dan cukup. Sebaiknya berikan pakan kepada ayam petelur setidaknya dua kali sehari. Anda juga dapat memberikan pakan dengan frekuensi yang lebih sering, tergantung pada kebutuhan masing-masing ayam petelur. Penting untuk memantau konsumsi pakan ayam petelur dan memastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Cara Memberikan Pakan yang Benar

Saat memberikan pakan kepada ayam petelur, pastikan untuk menyediakan tempat pakan yang bersih dan mudah dijangkau oleh ayam. Gunakan wadah pakan yang cukup besar agar semua ayam dapat mengakses pakan dengan nyaman. Pastikan juga untuk membersihkan wadah pakan secara teratur guna mencegah kontaminasi dan penyebaran penyakit.

Anda juga bisa menggunakan sistem pemberian pakan otomatis untuk memastikan pakan selalu tersedia secara konsisten. Sistem ini dapat membantu mengatur waktu dan jumlah pakan yang diberikan kepada ayam petelur. Perhatikan juga bahwa ada beberapa jenis pakan yang perlu dihancurkan atau dipecah kecil sebelum diberikan kepada ayam petelur, terutama jika ukurannya terlalu besar untuk mereka konsumsi dengan baik.

Hal-Hal Penting dalam Memberikan Pakan

Saat memberikan pakan kepada ayam petelur, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa ayam petelur memiliki akses yang cukup ke pakan. Pastikan tidak ada hambatan fisik yang menghalangi mereka untuk mengakses pakan, seperti wadah yang terlalu tinggi atau ruang yang terlalu sempit. Kedua, perhatikan kondisi pakan yang diberikan. Jika pakan terlihat basah, berjamur, atau berbau tidak enak, segera ganti dengan pakan yang segar. Jangan biarkan pakan basah atau terkontaminasi karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ayam petelur.

Terakhir, pastikan bahwa ayam petelur memiliki akses yang cukup ke air minum. Ketersediaan air minum yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kehidupan ayam petelur. Pastikan air minum selalu bersih dan segar, dan ganti secara teratur. Perhatikan juga bahwa suhu lingkungan mempengaruhi konsumsi air ayam petelur, jadi pastikan suhu lingkungan tetap nyaman dan tidak terlalu panas.

Dengan memberikan pakan yang tepat, Anda dapat memastikan ayam petelur mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat dan produktif.

Penyimpanan Pakan yang Baik

Penyimpanan pakan yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas dan kesegaran pakan ayam petelur. Pada bagian ini, kami akan memberikan tips tentang cara menyimpan pakan dengan benar, termasuk pemilihan wadah penyimpanan yang tepat dan kondisi penyimpanan yang ideal.

Pemilihan Wadah Penyimpanan yang Tepat

Pilihlah wadah penyimpanan yang kokoh dan kedap udara untuk menyimpan pakan ayam petelur. Wadah yang kedap udara akan membantu mencegah masuknya kelembaban dan hama ke dalam pakan. Pastikan wadah tersebut juga memiliki penutup yang rapat untuk menjaga kebersihan dan kesegaran pakan. Selain itu, pastikan wadah tersebut cukup besar untuk menampung jumlah pakan yang Anda butuhkan dalam jangka waktu tertentu.

Read More :   SIMPKB P3K PPPK Aplikasi Penilaian Guru PPPK 2022: Panduan Lengkap dan Terperinci

Kondisi Penyimpanan yang Ideal

Simpan pakan ayam petelur di tempat yang kering, sejuk, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Jauhkan pakan dari sumber kelembapan, seperti air atau tempat yang lembab, karena kelembapan dapat membuat pakan menjadi basah dan mengundang pertumbuhan jamur atau bakteri. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan wadah penyimpanan dengan membersihkannya secara teratur untuk mencegah pembentukan jamur atau kontaminasi lainnya.

Penggunaan dalam Jangka Waktu Tertentu

Perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan pakan dan gunakan pakan sebelum tanggal tersebut. Jangan menggunakan pakan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, karena kualitas dan nutrisinya mungkin sudah menurun. Jika Anda membeli pakan dalam jumlah besar, pastikan untuk menggunakan pakan yang lebih lama terlebih dahulu agar tidak ada pakan yang terlalu lama disimpan dan kehilangan kualitasnya.

Dengan penyimpanan pakan yang baik, Anda dapat menjaga kualitas dan kesegaran pakan ayam petelur untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mengatasi Masalah Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ayam petelur. Pada bagian ini, kami akan membahas tanda-tanda kekurangan nutrisi pada ayam petelur dan cara mengatasinya. Kami akan memberikan tips dalam memberikan suplemen nutrisi yang tepat untuk mengatasi kekurangan nutrisi pada ayam petelur.

Tanda-Tanda Kekurangan Nutrisi

Setiap nutrisi memiliki tanda-tanda kekurangan yang khas. Beberapa tanda umum kekurangan nutrisi pada ayam petelur antara lain penurunan produksi telur, kerontokan bulu, perubahan warna dan tekstur kulit, serta masalah reproduksi. Jika Anda melihat tanda-tanda ini pada ayam petelur Anda, kemungkinan besar mereka mengalami kekurangan nutrisi tertentu.

Mengatasi Kekurangan Nutrisi

Jika Anda mencurigai adanya kekurangan nutrisi pada ayam petelur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pakan yang diberikan. Pastikan bahwa pakan yang diberikan mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak untuk mendapatkan saran mengenai pakan yang tepat untuk mengatasi kekurangan nutrisi.

Jika kekurangan nutrisi cukup parah, Anda mungkin perlu memberikan suplemen nutrisi kepada ayam petelur. Suplemen nutrisi dapat berupa vitamin, mineral, atau produk tambahan lainnya yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam petelur. Pastikan untuk memberikan suplemen sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan suplemen.

Dengan mengatasi masalah kekurangan nutrisi, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda secara optimal.

Pemberian Air Minum yang Cukup

Pemberian air minum yang cukup juga penting bagi ayam petelur. Pada bagian ini, kami akan memberikan panduan tentang kebutuhan air minum ayam petelur dan cara memastikan mereka mendapatkan air minum yang cukup setiap hari.

Kebutuhan Air Minum Ayam Petelur

Ayam petelur membutuhkan air minum yang cukup untuk berbagai proses tubuh, termasuk pencernaan, metabolisme, dan produksi telur. Kebutuhan air minum ayam petelur bervariasi tergantung pada suhu lingkungan, tingkat aktivitas, dan usia ayam. Secara umum, ayam petelur membutuhkan sekitar 250-350 ml air per ekor per hari.

Cara Memastikan Air Minum yang Cukup

Untuk memastikan ayam petelur mendapatkan air minum yang cukup, pastikan bahwa mereka memiliki akses yang mudah ke wadayah minum yang bersih dan segar setiap saat. Pastikan wadah minum selalu terisi penuh dan ganti air secara teratur, minimal dua kali sehari. Jika suhu lingkungan tinggi, pastikan untuk menyediakan air minum yang lebih banyak dan tambahkan es batu ke dalam wadah minum untuk menjaga suhu air.

Pantau Konsumsi Air Minum

Perhatikan konsumsi air minum ayam petelur secara berkala. Observasi apakah ada perubahan dalam pola minum mereka. Jika Anda melihat ada penurunan drastis dalam konsumsi air minum, ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Jika hal ini terjadi, segera periksakan ayam petelur ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Kualitas Air Minum

Pastikan kualitas air minum yang diberikan kepada ayam petelur. Air minum harus bersih, bebas dari kontaminan, dan aman untuk dikonsumsi. Jika menggunakan air sumur atau air dari sumber lain, periksa dan pastikan bahwa air tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya atau bakteri. Anda juga bisa menggunakan teknologi penyaringan air untuk memastikan kualitas air minum yang lebih baik.

Dengan memberikan air minum yang cukup, segar, dan berkualitas, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda.

Perawatan Kesehatan yang Tepat

Perawatan kesehatan yang tepat sangat penting dalam merawat ayam petelur. Bagian ini akan memberikan tips tentang perawatan kesehatan yang tepat, termasuk vaksinasi, pencegahan penyakit, dan tanda-tanda penyakit pada ayam petelur.

Read More :   Download Kumpulan Soal Pretest PPG Kemenag 2023: Persiapan yang Tepat untuk Sukses!

Vaksinasi

Vaksinasi merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan ayam petelur. Vaksinasi dapat melindungi ayam petelur dari penyakit yang umumnya menyerang dan dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit pada ayam lainnya. Konsultasikan dengan dokter hewan atau petugas kesehatan hewan untuk mengetahui jadwal vaksinasi yang tepat dan jenis vaksin yang diperlukan untuk ayam petelur Anda.

Pencegahan Penyakit

Selain vaksinasi, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit pada ayam petelur. Pertama, jaga kebersihan kandang dengan rutin membersihkan kotoran dan menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan juga ada ventilasi yang baik untuk menjaga sirkulasi udara yang sehat.

Kedua, berikan pakan yang sehat dan berkualitas kepada ayam petelur. Pastikan pakan bebas dari kontaminasi dan mengandung nutrisi yang cukup. Berikan juga suplemen nutrisi jika diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam petelur.

Ketiga, batasi kontak dengan ayam lain yang tidak sehat atau terinfeksi penyakit. Pastikan juga tidak ada hewan liar atau serangga yang dapat membawa penyakit masuk ke kandang ayam petelur.

Tanda-Tanda Penyakit

Penting untuk memahami tanda-tanda penyakit pada ayam petelur. Beberapa tanda umum penyakit pada ayam petelur antara lain penurunan produksi telur, penurunan nafsu makan, kelelahan, perubahan perilaku, diare, perubahan warna atau tekstur kotoran, dan perubahan dalam penampilan fisik seperti bulu yang kusut atau mati. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Dengan perawatan kesehatan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Evaluasi dan Penyesuaian Pakan

Evaluasi dan penyesuaian pakan merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah dalam melakukan evaluasi pakan, termasuk pengamatan terhadap kinerja ayam petelur dan penyesuaian pakan yang diperlukan.

Evaluasi Kinerja Ayam Petelur

Langkah pertama dalam evaluasi pakan adalah mengamati kinerja ayam petelur. Perhatikan produksi telur, berat badan ayam, dan kualitas telur yang dihasilkan. Juga perhatikan apakah ada perubahan dalam kesehatan dan perilaku ayam petelur. Dengan memantau kinerja ayam petelur secara rutin, Anda dapat mengidentifikasi apakah ada masalah dalam pakan yang diberikan.

Penyesuaian Pakan

Jika Anda melihat tanda-tanda bahwa pakan yang diberikan tidak memenuhi kebutuhan ayam petelur, maka perlu dilakukan penyesuaian. Pertama, pastikan pakan yang diberikan mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ayam petelur. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak untuk mendapatkan saran mengenai penyesuaian pakan yang tepat.

Jika penyesuaian pakan tidak memberikan hasil yang diharapkan, Anda mungkin perlu mencoba pakan alternatif atau menambahkan suplemen nutrisi. Perhatikan respons ayam petelur terhadap perubahan pakan dan evaluasi kembali kinerjanya. Dengan melakukan evaluasi dan penyesuaian pakan secara rutin, Anda dapat memaksimalkan kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda.

Tips Merawat Ayam Petelur dengan Baik

Pada bagian terakhir ini, kami akan memberikan tips umum dalam merawat ayam petelur dengan baik, termasuk kebersihan kandang, manajemen stres, dan memberikan lingkungan yang nyaman bagi ayam petelur.

Kebersihan Kandang

Jaga kebersihan kandang ayam petelur dengan membersihkannya secara rutin. Buang kotoran dan sisa makanan yang tidak terpakai. Bersihkan wadah pakan dan air minum secara teratur. Pastikan kandang selalu kering dan bebas dari bau yang tidak sedap. Kebersihan kandang yang baik akan membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan ayam petelur.

Manajemen Stres

Ayam petelur juga bisa mengalami stres, yang dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas mereka. Untuk mengurangi stres, pastikan ayam petelur memiliki ruang yang cukup dalam kandang. Hindari kepadatan populasi yang terlalu tinggi. Berikan pakan dan air minum yang cukup. Juga, hindari kebisingan yang berlebihan atau gangguan yang dapat membuat ayam petelur merasa tidak nyaman.

Lingkungan yang Nyaman

Usahakan memberikan lingkungan yang nyaman bagi ayam petelur. Pastikan suhu di dalam kandang sesuai dengan kebutuhan ayam petelur. Jaga suhu agar tetap stabil dan terhindar dari suhu yang ekstrem. Berikan ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara yang sehat. Juga, sediakan tempat berteduh dan tempat beristirahat yang nyaman bagi ayam petelur.

Dengan merawat ayam petelur dengan baik, Anda dapat menjaga kesehatan dan produktivitas mereka dalam jangka waktu yang lebih lama.

Di akhir artikel ini, kami harap Anda mendapatkan informasi yang lengkap dan berguna mengenai pakan ayam petelur terbaik. Dengan memberikan pakan yang bagus dan berkualitas tinggi, menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur Anda dapat tercapai. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam merawat ayam petelur Anda! Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat memberikan pakan ayam petelur terbaik yang bagus dan berkualitas tinggi, serta menjaga kesehatan dan produktivitas mereka dengan optimal.

Ingatlah bahwa setiap ayam petelur adalah individu yang unik, dan dapat ada variasi dalam kebutuhan nutrisi dan perawatan mereka. Selalu perhatikan respons dan kondisi ayam petelur Anda secara individu, dan sesuaikan pakan dan perawatan mereka jika diperlukan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mendapatkan saran khusus mengenai pakan ayam petelur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak yang kompeten. Mereka akan memberikan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ayam petelur Anda.

Terakhir, tetaplah bersemangat dan berdedikasi dalam merawat ayam petelur Anda. Dengan memberikan pakan yang bagus, perawatan yang tepat, dan lingkungan yang nyaman, Anda dapat memastikan bahwa ayam petelur Anda tetap sehat, bahagia, dan produktif.

Selamat merawat ayam petelur Anda dan semoga sukses dalam usaha peternakan Anda!

12 Comments

  1. When someone writes an article he/she retains the thought of a user in his/her mind that how a user can know it.
    Thus that’s why this paragraph is amazing.
    Thanks!

  2. Good day very nice site!! Man .. Beautiful .. Amazing
    .. I will bookmark your web site and take the feeds also?

    I am happy to search out so many helpful info right here within the put up, we’d like
    develop extra strategies on this regard, thanks for sharing.
    . . . . .

  3. This is very interesting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post.
    Also, I’ve shared your web site in my social networks!

    Here is my webpage … super kaya 88

  4. Heya i’m for the primary time here. I found this board and I in finding It
    really helpful & it helped me out much. I’m hoping to provide something back and aid others such as you aided
    me.

  5. You’re so interesting! I do not suppose I’ve read through a
    single thing like this before. So good to discover somebody with some
    original thoughts on this subject. Really.. many thanks for
    starting this up. This web site is one thing that’s needed on the internet, someone with a little
    originality!

  6. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you
    wrote the book in it or something. I think that you could do with
    a few pics to drive the message home a bit, but instead of that, this is great blog.
    An excellent read. I’ll definitely be back.

Leave a Reply

Your email address will not be published.