Jenis Pakan Starter Ayam Pedaging: Cara Mudah

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang jenis pakan starter untuk ayam pedaging dan cara mudahnya. Jika Anda merupakan peternak ayam pedaging yang ingin meningkatkan performa dan pertumbuhan ayam Anda, artikel ini sangat cocok untuk Anda. Kami akan memberikan informasi yang unik, detail, dan komprehensif mengenai jenis pakan starter yang tepat untuk ayam pedaging Anda.

Sebagai peternak ayam pedaging, pemberian pakan yang tepat sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan ayam Anda. Pakan starter merupakan makanan pertama yang diberikan kepada ayam setelah menetas. Pemilihan jenis pakan starter yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam pedaging dalam fase pertumbuhan awalnya.

Manfaat Pakan Starter Ayam Pedaging

Pada sesi ini, kami akan membahas manfaat dari pakan starter ayam pedaging. Anda akan mempelajari mengapa pakan starter penting untuk ayam pedaging Anda dan bagaimana pakan ini dapat membantu dalam pertumbuhan dan kesehatan ayam Anda.

Mendukung Pertumbuhan yang Optimal

Pakan starter ayam pedaging memiliki kandungan nutrisi yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan ayam pedaging yang masih kecil. Kandungan protein yang tinggi dalam pakan starter membantu dalam pembentukan otot yang kuat dan pertumbuhan tulang yang sehat. Selain itu, pakan starter juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk perkembangan sistem kekebalan tubuh ayam pedaging.

Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Energi

Pakan starter yang dirancang khusus untuk ayam pedaging memiliki kandungan energi yang tinggi dan mudah dicerna. Hal ini memungkinkan ayam pedaging untuk menggunakan energi dengan efisien, sehingga pertumbuhan dan produksi daging dapat optimal. Dengan pemberian pakan starter yang tepat, Anda dapat mengurangi risiko energi yang terbuang percuma dan meningkatkan produktivitas ayam pedaging Anda.

Mendukung Sistem Pencernaan yang Sehat

Kualitas pakan starter yang baik juga akan memberikan dukungan bagi sistem pencernaan ayam pedaging. Pakan starter yang mengandung serat dan prebiotik dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus ayam, sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi risiko masalah pencernaan seperti diare.

Komposisi Nutrisi yang Dibutuhkan

Pada sesi ini, kami akan membahas komposisi nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam pedaging dalam fase pertumbuhan awalnya. Anda akan mempelajari tentang kebutuhan protein, energi, vitamin, dan mineral yang harus ada dalam pakan starter ayam pedaging.

Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pertumbuhan ayam pedaging. Protein berperan dalam pembentukan otot, jaringan, dan organ tubuh. Dalam pakan starter ayam pedaging, kandungan protein harus mencapai minimal 20-24% untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan ayam yang masih kecil.

Energi

Energi merupakan sumber daya yang dibutuhkan oleh tubuh ayam untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk pertumbuhan. Energi diperoleh dari karbohidrat, lemak, dan protein dalam pakan. Pakan starter ayam pedaging harus mengandung energi yang cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.

Read More :   INFO RESMI Pengumuman Perubahan Jadwal Kelulusan: Panduan Lengkap dan Terpercaya

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ayam pedaging. Vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin D, kalsium, dan fosfor sangat diperlukan untuk pembentukan tulang yang kuat. Selain itu, vitamin dan mineral juga berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan umum ayam pedaging.

Jenis Pakan Starter yang Tersedia

Pada sesi ini, kami akan membahas berbagai jenis pakan starter yang tersedia di pasaran. Anda akan mempelajari perbedaan antara pakan starter yang mengandung tepung ikan, tepung kedelai, dan bahan-bahan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi pakan starter terbaik untuk ayam pedaging Anda.

Pakan Starter dengan Tepung Ikan

Pakan starter yang mengandung tepung ikan merupakan salah satu jenis pakan yang umum digunakan untuk ayam pedaging. Tepung ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ayam. Pakan starter dengan tepung ikan biasanya memiliki aroma yang menarik bagi ayam, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.

Pakan Starter dengan Tepung Kedelai

Tepung kedelai juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam pakan starter ayam pedaging. Kedelai mengandung protein yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Pakan starter dengan tepung kedelai dapat menjadi alternatif yang baik untuk peternak yang ingin mengurangi penggunaan bahan hewani dalam pakan.

Pakan Starter dengan Bahan-Bahan Lainnya

Selain tepung ikan dan tepung kedelai, terdapat pula pakan starter ayam pedaging yang menggunakan bahan-bahan lain seperti jagung, beras, dan dedak. Beberapa peternak ayam pedaging mungkin memiliki preferensi tertentu terhadap jenis pakan starter yang mereka gunakan. Penting untuk memilih pakan starter yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebagai peternak.

Cara Memilih Pakan Starter yang Tepat

Pada sesi ini, kami akan memberikan tips dan panduan tentang bagaimana memilih pakan starter yang tepat untuk ayam pedaging Anda. Anda akan mempelajari faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih pakan starter, termasuk kualitas, harga, dan ketersediaan.

Kualitas Pakan

Kualitas pakan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan ayam pedaging Anda. Pastikan memilih pakan starter yang memiliki bahan baku berkualitas tinggi dan diproduksi oleh produsen pakan ternak terpercaya. Periksa pula label pakan untuk mengetahui komposisi nutrisi yang terkandung dalam pakan tersebut.

Harga Pakan

Harga pakan juga perlu dipertimbangkan saat memilih pakan starter. Bandingkan harga pakan dari beberapa produsen atau toko pakan ternak untuk mendapatkan pilihan yang sesuai dengan anggaran Anda. Namun, jangan hanya memilih pakan berdasarkan harga terendah, tetapi pastikan juga kualitasnya tetap terjaga.

Ketersediaan Pakan

Pastikan pakan starter yang Anda pilih mudah ditemukan dan tersedia di daerah Anda. Memilih pakan yang tersedia dengan mudah akan memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan pakan ayam pedaging Anda secara teratur. Periksa juga kebijakan pengiriman dan layanan purna jual dari produsen atau toko pakan ternak yang Anda pilih.

Cara Memberikan Pakan Starter dengan Benar

Pada sesi ini, kami akan memberikan panduan tentang cara memberikan pakan starter dengan benar kepada ayam pedaging Anda. Anda akan mempelajari frekuensi pemberian pakan, waktu yang tepat, dan cara mengatur porsi pakan untuk ayam pedaging Anda.

Frekuensi Pemberian Pakan

Pakan starter ayam pedaging biasanya diberikan secara ad libitum, artinya pakan selalu tersedia untuk ayam dalam jumlah yang cukup. Hal ini memungkinkan ayam untuk makan sepanjang waktu sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan pakan selalu tersedia di tempat yang mudah diakses oleh ayam.

Waktuyang Tepat untuk Memberikan Pakan

Waktu yang tepat untuk memberikan pakan starter kepada ayam pedaging adalah segera setelah mereka menetas. Ayam pedaging yang baru menetas memiliki kebutuhan nutrisi yang tinggi untuk memulai pertumbuhan mereka. Anda dapat menempatkan pakan starter di tempat yang mudah dijangkau oleh ayam, seperti di dalam piring atau wadah yang dangkal.

Read More :   Cara Ternak Lele di Drum: Mudah dan Efektif untuk Pemula

Mengatur Porsi Pakan

Pada awalnya, Anda dapat memberikan porsi pakan starter yang cukup banyak kepada ayam pedaging untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun, seiring dengan pertumbuhan ayam, Anda perlu mengatur porsi pakan secara bertahap. Pastikan pakan selalu tersedia, tetapi jangan memberikan pakan secara berlebihan sehingga mengakibatkan pemborosan atau masalah kesehatan seperti obesitas.

Pemantauan Konsumsi Pakan

Untuk memastikan ayam pedaging Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, penting untuk memantau konsumsi pakan mereka. Perhatikan apakah pakan starter habis dalam waktu yang wajar dan apakah ayam tampak aktif dan sehat. Jika ada tanda-tanda bahwa konsumsi pakan menurun atau ayam tampak kurang aktif, segera lakukan pengecekan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi.

Mengatasi Masalah Pemberian Pakan

Pada sesi ini, kami akan membahas beberapa masalah umum yang mungkin Anda hadapi saat memberikan pakan starter kepada ayam pedaging. Anda akan mempelajari cara mengatasi masalah seperti penolakan makan, kekurangan nutrisi, dan gangguan pencernaan.

Penolakan Makan

Jika ayam pedaging Anda menolak makan pakan starter, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa. Pastikan pakan yang Anda berikan masih dalam kondisi segar dan tidak rusak. Periksa juga lingkungan tempat ayam tinggal, apakah ada faktor stres atau gangguan lain yang mempengaruhi nafsu makan mereka. Jika penolakan makan berlanjut, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Kekurangan Nutrisi

Jika ayam pedaging Anda mengalami kekurangan nutrisi, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan mereka. Pastikan bahwa pakan starter yang Anda berikan memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan fase pertumbuhan ayam. Jika Anda curiga ayam mengalami kekurangan nutrisi, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak untuk mendapatkan rekomendasi suplemen nutrisi yang tepat.

Gangguan Pencernaan

Beberapa ayam pedaging mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai, kontaminasi bakteri, atau masalah lainnya. Jika ayam mengalami gangguan pencernaan yang berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Perbedaan Pakan Starter dan Pakan Grower

Pada sesi ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara pakan starter dan pakan grower. Anda akan mempelajari kapan waktu yang tepat untuk beralih dari pakan starter ke pakan grower, serta manfaatnya bagi pertumbuhan ayam pedaging Anda.

Pakan Starter

Pakan starter merupakan pakan yang diberikan kepada ayam pedaging sejak mereka menetas hingga usia sekitar 4-6 minggu. Pakan starter memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan awal ayam dan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka pada fase ini. Pakan starter umumnya mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan pakan grower.

Pakan Grower

Pakan grower diberikan setelah fase pakan starter selesai, yaitu sekitar usia 4-6 minggu hingga ayam mencapai usia pemotongan. Pakan grower memiliki komposisi nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan pakan starter, karena pada fase ini pertumbuhan ayam sudah tidak secepat pada fase awal. Pakan grower tetap mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan ayam pedaging.

Waktu Beralih dari Pakan Starter ke Pakan Grower

Waktu yang tepat untuk beralih dari pakan starter ke pakan grower biasanya adalah ketika ayam pedaging mencapai usia 4-6 minggu. Pada usia ini, pertumbuhan ayam sudah tidak secepat pada fase awal sehingga nutrisi yang lebih rendah dalam pakan grower sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Beralih secara bertahap dari pakan starter ke pakan grower dapat membantu ayam beradaptasi dengan perubahan pakan.

Manfaat Pakan Grower

Pakan grower memiliki komposisi nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan pakan starter, tetapi masih mencukupi kebutuhan pertumbuhan dan kesehatan ayam pedaging pada fase ini. Pakan grower membantu menjaga pertumbuhan yang stabil, mencegah kelebihan nutrisi yang berlebihan, dan mempersiapkan tubuh ayam untuk fase selanjutnya, yaitu fase finishing sebelum pemotongan.

Read More :   Harga Ikan Koki Ryukin: Panduan Lengkap dan Terperinci

Rutinitas Pemberian Pakan

Pada sesi ini, kami akan memberikan saran mengenai rutinitas pemberian pakan yang baik untuk ayam pedaging Anda. Anda akan mempelajari waktu yang tepat untuk memberikan pakan, interval antara pemberian pakan, dan cara mengatur jadwal pemberian pakan yang efisien.

Waktu Pemberian Pakan

Waktu yang tepat untuk memberikan pakan kepada ayam pedaging adalah pada pagi hari dan sore hari. Pemberian pakan pada pagi hari memberikan energi yang cukup untuk aktivitas sepanjang hari, sedangkan pemberian pakan pada sore hari membantu ayam mengisi energi yang telah terpakai. Pastikan juga memberikan pakan dalam waktu yang konsisten setiap harinya.

Interval Antar Pemberian Pakan

Pada awalnya, ayam pedaging mungkin membutuhkan pakan yang tersedia secara terus-menerus. Namun, seiring dengan pertumbuhan mereka, Anda dapat mengatur interval antara pemberian pakan. Secara umum, interval pemberian pakan sekitar 12 jam bisa menjadi pilihan yang baik. Misalnya, memberikan pakan pada pukul 7 pagi dan 7 malam setiap harinya.

Mengatur Jadwal Pemberian Pakan yang Efisien

Untuk mengatur jadwal pemberian pakan yang efisien, pastikan Anda memiliki tempat pakan yang mudah diakses oleh ayam. Tempatkan pakan di tempat yang terlindungi dari hujan dan air, tetapi tetap mudah dijangkau oleh ayam. Selain itu, pastikan juga jumlah pakan yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan ayam dalam interval waktu tertentu.

Merawat Ayam Pedaging dengan Pemberian Pakan yang Tepat

Pada sesi ini, kami akan memberikan tips merawat ayam pedaging Anda dengan pemberian pakan yang tepat. Anda akan mempelajari pentingnya memantau pertumbuhan ayam, mengatur porsi pakan sesuai kebutuhan, dan memberikan suplemen nutrisi jika diperlukan.

Memantau Pertumbuhan Ayam

Pemantauan pertumbuhan ayam pedaging sangat penting untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup dan tumbuh dengan baik. Perhatikan perkembangan berat badan, ukuran tubuh, dan aktivitas ayam secara berkala. Jika ada pertumbuhan yang terhambat atau ada tanda-tanda masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengatur Porsi Pakan Sesuai Kebutuhan

Penting untuk mengatur porsi pakan sesuai dengan kebutuhan ayam pedaging Anda. Jangan memberikan pakan secara berlebihan atau kurang. Perhatikan pertumbuhan dan aktivitas ayam untuk menentukan apakah porsi pakan sudah cukup atau perlu disesuaikan. Selalu perhatikan petunjuk pada kemasan pakan dan saran dari dokter hewan untuk mengatur porsi pakan dengan benar.

Memberikan Suplemen Nutrisi

Jika Anda merasa bahwa pakan starter yang Anda berikan belum mencukupi kebutuhan nutrisi ayam pedaging, Anda dapat mempertimbangkan memberikan suplemen nutrisi. Suplemen nutrisi dapat membantu melengkapi nutrisi yang mungkin kurang dalam pakan utama. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak sebelum memberikan suplemen untuk memastikan kebutuhan ayam terpenuhi dengan baik.

Rekomendasi Produk Pakan Starter Terbaik

Pada sesi terakhir ini, kami akan memberikan rekomendasi produk pakan starter terbaik yang dapat Anda gunakan untuk ayam pedaging Anda. Anda akan mempelajari tentang merek-merek terpercaya dan kualitas produk pakan starter yang dapat mendukung pertumbuhan optimal ayam pedaging Anda.

Merek A: Pakan Starter Premium

Pakan starter dari Merek A telah terbukti memberikan hasil yang baik dalam mendukung pertumbuhan dan kesehatan ayam pedaging. Produk ini mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk protein yang tinggi, energi yang cukup, serta vitamin dan mineral esensial. Pakan starter dari Merek A juga memiliki reputasi yang baik di kalangan peternak ayam pedaging.

Merek B: Pakan Starter Organik

Jika Anda lebih memilih pakan organik untuk ayam pedaging Anda, Merek B menawarkan pakan starter organik yang berkualitas. Produk ini menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia sintetis. Pakan starter organik dari Merek B tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam pedaging dengan tambahan manfaat dari bahan organik yang lebih alami.

Merek C: Pakan Starter Khusus Ayam Pedaging

Merek C menawarkan pakan starter khusus yang dirancang khusus untuk ayam pedaging. Produk ini mengandung formula yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam pedaging pada fase pertumbuhan awal. Pakan starter khusus dari Merek C memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh ayam pedaging untuk pertumbuhan yang optimal.

Dalam memilih produk pakan starter, pastikan untuk mempertimbangkan kualitas, kecocokan dengan kebutuhan ayam, dan reputasi produsen. Anda juga dapat berkonsultasi dengan peternak ayam pedaging lainnya atau dokter hewan untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan preferensi Anda.

Demikianlah artikel kami tentang jenis pakan starter ayam pedaging. Dengan mengikuti panduan dan tips yang kami berikan, Anda dapat meningkatkan performa dan pertumbuhan ayam pedaging Anda secara efektif. Jangan lupa untuk selalu memantau kondisi ayam Anda dan berkonsultasi dengan dokter hewan jika diperlukan. Terima kasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

35 Comments

  1. It is appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I have read this post and if I could I desire to suggest you
    some interesting things or tips. Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I wish to read even more things about it!

  2. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like
    to send you an e-mail. I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing.

    Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over time.

  3. BOKEP, PISHING, NGENTOT, SCAM, LOSE MONEY

    BOKEP, PISHING, NGENTOT, SCAM, LOSE MONEY

    BOKEP, PISHING, NGENTOT, SCAM, LOSE MONEY

    BOKEP, PISHING, NGENTOT, SCAM, LOSE MONEY

  4. This is my first time go to see at here and i am really happy to
    read all at alone place. https://tayninh-mitsubishi.com.vn Mitsubishi Tây Ninh
    Giá Tốt là đại lý kinh doanh các loại xe Ôtô Mitsubishi mới, Mitsubishi đã qua sử
    dụng, dịch vụ bảo trì, bảo dưỡng và
    thay thế phụ tùng xe Mitsubishi chính hãng Uy Tín. Showroom
    Mitsubishi chính thức tỉnh Tây Ninh.
    #MitsubishiTayNinh, #mitsubishitn, #Xpander, #Outlander, #Attrage, #PajeroSport,
    #Triton, #Pajero
    Pajero Sport

  5. Please let me know if you’re looking for a writer for your site.
    You have some really good articles and I think I would be
    a good asset. If you ever want to take some of
    the load off, I’d absolutely love to write some articles for
    your blog in exchange for a link back to mine.

    Please shoot me an email if interested. Many
    thanks!

  6. My brother recommended I would possibly like this website.
    He used to be entirely right. This submit truly
    made my day. You cann’t consider just how a lot time I had spent for this information! Thank you!

  7. Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff
    previous to and you are just extremely great. I really like what you have acquired here,
    certainly like what you are saying and the way in which you say it.
    You make it enjoyable and you still take care of to keep
    it smart. I can’t wait to read much more from you. This is
    actually a wonderful site.

  8. Very good blog you have here but I was curious about if
    you knew of any user discussion forums that cover the same
    topics discussed in this article? I’d really like to be a part of community where I can get opinions
    from other knowledgeable individuals that share
    the same interest. If you have any recommendations, please let me know.
    Many thanks!

  9. Please let me know if you’re looking for a writer for your weblog.
    You have some really great articles and
    I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d
    really like to write some material for your blog in exchange
    for a link back to mine. Please blast me an email if interested.
    Thanks!

  10. Have you ever considered about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is valuable and everything. However
    think of if you added some great visuals or videos to give
    your posts more, “pop”! Your content is excellent but with
    images and clips, this site could undeniably be one of the best in its niche.

    Awesome blog!

  11. Just wish to say your article is as astonishing.
    The clearness in your post is simply cool and that i could think you’re
    a professional in this subject. Well with your permission let me to clutch your
    RSS feed to keep updated with imminent post. Thank you a million and please keep up the gratifying work.

  12. Greetings from Carolina! I’m bored at work so I decided to check out
    your site on my iphone during lunch break.

    I enjoy the information you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m amazed at how fast your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, wonderful site!

  13. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to send you an e-mail.
    I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing.

    Either way, great site and I look forward to seeing it grow over time.

  14. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on various websites for about a year and am anxious about switching to another platform.

    I have heard good things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress
    posts into it? Any help would be really appreciated!

    My homepage: the growth matrix

  15. I’m amazed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog that’s both equally educative and entertaining, and let me tell you, you have hit
    the nail on the head. The issue is something that too few men and women are speaking intelligently about.
    I am very happy that I came across this in my hunt for something relating to this.

  16. Excellent post. I was checking continuously this weblog and I am inspired!
    Very useful info particularly the last section 🙂 I handle such
    information a lot. I was looking for this particular info for a long time.
    Thank you and best of luck.

  17. Wow, fantastic blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your website is great, as well
    as the content!

  18. I was more than happy to uncover this web site. I need to to thank you for ones
    time due to this fantastic read!! I definitely savored every little bit of it and I have you
    book marked to look at new stuff in your site.

  19. I’m really impressed together with your writing skills
    and also with the structure in your blog. Is this a paid subject
    or did you customize it your self? Either way keep up the
    nice high quality writing, it’s rare to peer a great weblog like this one nowadays..

Leave a Reply

Your email address will not be published.