Cara Memasak Terong Sambal Ijo

Resep Terong Cabe Ijo Teri Medan oleh sheilla maria regar - Cookpad

Memasak Terong Sambal Ijo adalah salah satu hidangan yang lezat dan khas dalam masakan Indonesia. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasak Terong Sambal Ijo dalam 600 kata:

Langkah 1: Persiapan Bahan

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan: terong ungu atau terong hijau (sekitar 2-3 buah), cabai hijau besar (sekitar 5-6 buah), bawang merah (4-5 siung), bawang putih (3-4 siung), tomat (1 buah), garam, gula, minyak goreng, dan air.

Langkah 2: Persiapan Terong

  • Cuci terong dengan air bersih dan potong sesuai selera, bisa memotongnya menjadi potongan memanjang atau melintang. Taburkan sedikit garam pada potongan terong dan biarkan selama beberapa menit untuk menghilangkan kelembaban dan pahitnya.

Langkah 3: Membuat Sambal Ijo

  1. Pengolahan Bahan: Potong cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih, dan tomat menjadi potongan kecil agar lebih mudah dihaluskan.
  2. Penghalusan Bumbu: Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan kecokelatan. Tambahkan cabai hijau dan tomat, tumis hingga cabai layu dan tomat lunak. Angkat dan biarkan sedikit mendingin.
  3. Penghalusan Sambal: Haluskan bumbu yang telah ditumis menggunakan blender atau cobek dan ulekan hingga membentuk pasta halus. Jika perlu, tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan.

Langkah 4: Memasak Terong

  1. Penggorengan Terong: Panaskan minyak dalam wajan dan goreng potongan terong hingga kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan di atas tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  2. Penambahan Sambal: Panaskan sedikit minyak dalam wajan bersih dan tumis sambal ijo yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera. Aduk rata.
  3. Pemasakan Terong dengan Sambal: Masukkan potongan terong yang telah digoreng ke dalam wajan dengan sambal ijo. Aduk rata hingga sambal merata menutupi terong. Tambahkan sedikit air jika sambal terlalu kering.
Read More :   Resep Ikan Gurame Fillet Asam Manis

Langkah 5: Penyelesaian dan Penyajian

  • Setelah terong matang dan tercampur rata dengan sambal, cicipi dan sesuaikan rasa dengan garam dan gula jika diperlukan.
  • Angkat Terong Sambal Ijo dari wajan dan sajikan hangat sebagai hidangan utama. Anda bisa menambahkan daun seledri cincang sebagai hiasan.

Langkah 6: Penyajian

  • Terong Sambal Ijo siap disajikan. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan lauk tambahan seperti ayam, ikan, atau tahu goreng.

Langkah 7: Menikmati Hidangan

  • Sajikan Terong Sambal Ijo hangat sebagai hidangan lezat dalam hidangan makan siang atau malam. Nikmati kelezatan terong yang lembut dan sambal ijo yang pedas dan segar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan Terong Sambal Ijo yang lezat dan khas. Ingatlah untuk mencicipi dan menyesuaikan rasa sesuai selera Anda saat membuat hidangan ini. Selamat mencoba!