Cara Memasak Fuyunghai

7+ Macam Resep Fuyunghai Enak yang Bisa Dibuat di Rumah | Orami

Fuyunghai adalah hidangan Tionghoa yang terkenal dan populer di seluruh dunia. Hidangan ini terdiri dari telur dadar yang dimasak dengan campuran nasi dan berbagai bahan lainnya, seperti sayuran dan daging atau seafood. Fuyunghai biasanya disajikan dengan saus yang khas, yang memberikan rasa manis, asam, dan gurih pada hidangan ini. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Fuyunghai:

Bahan-bahan:

Bagian Telur Dadar:

  1. 4 butir telur.
  2. Garam secukupnya.
  3. Minyak sayur (untuk menggoreng).

Bagian Nasi: 4. 2 cup nasi yang sudah dingin (nasi sisa semalam lebih baik).

  1. 1/2 cup daging ayam, udang, atau daging olahan lainnya (potong kecil).
  2. 1/2 cup sayuran, seperti wortel, buncis, atau jamur (potong kecil).
  3. 1/2 cup kacang polong (opsional).
  4. 1 bawang bombay, cincang.
  5. 2-3 siung bawang putih, cincang.
  6. 2 sendok makan saus tomat.
  7. 1 sendok makan saus cabai (opsional).
  8. Garam dan lada secukupnya.
  9. Minyak sayur untuk menumis.

Bagian Saus: 14. 2 sendok makan saus tomat.

  1. 1 sendok makan saus cabai (opsional).
  2. 1 sendok makan kecap manis.
  3. 1 sendok makan saus hoisin (opsional).
  4. 1 sendok makan saus tiram.
  5. 1 sendok makan gula.
  6. 1/2 sendok teh cuka cair.
  7. Air secukupnya.

Langkah-langkah:

1. Menyiapkan Bahan:

  • Potong semua bahan seperti daging, sayuran, dan bawang bombay menjadi potongan kecil. Siapkan semua bahan dengan rapi sebelum memasak.

2. Membuat Telur Dadar:

  • Kocok telur dalam mangkuk besar dan tambahkan sedikit garam. Panaskan sedikit minyak sayur dalam wajan anti lengket, lalu tuangkan telur ke dalam wajan. Masak telur dadar seperti biasa hingga matang dan kering. Angkat dan potong-potong menjadi dadu kecil. Sisihkan.

3. Menyiapkan Saus:

  • Dalam mangkuk kecil, campurkan semua bahan untuk saus, termasuk saus tomat, saus cabai (jika digunakan), kecap manis, saus hoisin (jika digunakan), saus tiram, gula, dan cuka cair. Tambahkan air secukupnya hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Setelah tercampur rata, sisihkan saus ini.
Read More :   Cara Membuat Lem Glue

4. Menumis Bawang dan Bawang Putih:

  • Panaskan sedikit minyak sayur dalam wajan besar atau penggorengan. Tumis bawang bombay dan bawang putih cincang hingga harum dan mulai berubah warna.

5. Memasak Daging dan Sayuran:

  • Tambahkan daging (misalnya ayam atau udang) ke dalam wajan dan masak hingga berubah warna dan matang sepenuhnya.
  • Tambahkan sayuran yang telah dipotong dan kacang polong (jika digunakan) ke dalam wajan. Tumis selama beberapa menit hingga sayuran mulai layu dan matang.

6. Menambahkan Nasi:

  • Masukkan nasi yang sudah dingin ke dalam wajan. Pastikan nasi tercampur dengan baik dengan daging dan sayuran. Tumis selama beberapa menit hingga nasi panas dan semua bahan tercampur dengan rata.

7. Menambahkan Telur Dadar:

  • Tambahkan potongan telur dadar yang sudah dipotong-potong ke dalam campuran nasi. Aduk rata hingga telur tercampur dengan baik.

8. Memasak dengan Saus:

  • Tuangkan saus yang sudah disiapkan ke dalam wajan dengan nasi, daging, dan sayuran. Aduk rata dan biarkan semuanya tercampur dengan baik. Biarkan campuran tersebut hangat selama beberapa menit sambil sesekali diaduk.

9. Menyajikan Fuyunghai:

  • Angkat Fuyunghai dari wajan dan letakkan di atas piring saji.
  • Sajikan Fuyunghai dengan saus tambahan di atasnya atau saus sambal, serta irisan tomat, mentimun, atau daun bawang jika diinginkan.

Tips Tambahan:

  • Anda dapat menyesuaikan bahan dan sayuran sesuai dengan selera Anda. Beberapa varian Fuyunghai juga menggunakan nasi goreng sebagai dasar.
  • Saus adalah elemen penting dalam Fuyunghai, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan rasa saus sesuai dengan preferensi Anda.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan seperti kacang, jagung manis, atau kismis ke dalam Fuyunghai sesuai selera.
  • Pastikan untuk menggunakan nasi yang sudah dingin, karena nasi yang masih panas akan membuat Fuyunghai menjadi lembek. Jika Anda tidak memiliki nasi dingin, biarkan nasi baru dimasak dingin terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Fuyunghai adalah hidangan yang fleksibel, jadi jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan-bahan dan rasa sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!
Read More :   Cara Membuat Bakwan Jagung