Cara Membuat Tirai Gorden

Bagaimana Membuat Gorden? - Raja Gorden ®

Menjahit gorden adalah proyek yang menyenangkan dan bermanfaat yang memungkinkan Anda untuk membuat tirai yang sesuai dengan selera Anda dan sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Gorden dapat memberikan sentuhan akhir yang indah pada jendela Anda dan juga berfungsi untuk mengontrol cahaya dan privasi. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menjahit gorden:

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. Kain Gorden: Pilih kain yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Pastikan untuk mengukur jendela Anda dengan cermat dan tambahkan sedikit ruang untuk jahitan dan hem.
  2. Benang: Pilih benang yang sesuai dengan warna dan ketebalan kain gorden Anda.
  3. Mesin Jahit atau Jarum Tangan: Anda dapat menjahit gorden dengan mesin jahit atau tangan, tergantung pada tingkat keterampilan Anda.
  4. Pita Penggantung: Anda akan memerlukan pita atau cincin gorden untuk menggantung gorden di tiang jendela.
  5. Peralatan Jahit: Ini termasuk gunting kain, penggaris, pena kain, dan jepitan kain.

Langkah-langkah Membuat Gorden:

1. Mengukur Jendela:

  • Ukur lebar dan tinggi jendela Anda dengan cermat. Pastikan untuk memberikan sedikit ruang ekstra untuk jahitan dan hem. Keputusan Anda akan bergantung pada seberapa panjang Anda ingin gorden Anda.

2. Menyusun Pola:

  • Susun pola gorden Anda di atas kain. Anda dapat memotong kain menjadi dua panel terpisah untuk menutupi jendela atau membuat satu panel yang lebih lebar.
  • Gunakan penggaris untuk memastikan potongan kain Anda lurus. Tandai kain dengan pena kain di sepanjang garis potongan.

3. Memotong Kain:

  • Gunakan gunting kain untuk memotong sepanjang garis yang Anda tandai. Pastikan untuk memotong dengan hati-hati untuk mendapatkan potongan yang rapi dan lurus.

4. Menjahit Hem Bawah:

  • Lipat ke bawah pinggiran bawah kain sekitar 1,5 cm dan jahit hem ini. Ini akan mencegah kain Anda berantakan dan merapikan tampilannya.
Read More :   Kapan Sebaiknya Minum Susu Beruang, Berikut Penjelasannya

5. Menjahit Sisi Gorden:

  • Letakkan dua panel kain dengan sisi yang akan dijahit bersama menghadap satu sama lain.
  • Jahit sisi-sisinya dengan jahitan lurus, menjaga sisi yang lain terbuka. Pastikan untuk menjahit sejajar dengan tepi kain untuk mendapatkan tampilan yang rapi.

6. Menjahit Pita Penggantung:

  • Tempatkan pita penggantung pada sisi atas gorden, biasanya sekitar 5-10 cm dari atas kain. Anda dapat menjahitnya dengan tangan atau menggunakan mesin jahit.

7. Menjahit Ujung Atas:

  • Lipat ujung atas gorden sekitar 5 cm dan jahit hem ini. Ini akan memberikan kekuatan tambahan pada bagian atas gorden di mana Anda akan meletakkan tiang jendela.

8. Merapikan Gorden:

  • Setelah semua jahitan selesai, pastikan untuk memeriksa apakah ada benang yang terlewat atau jahitan yang rusak. Gunakan gunting kain untuk memotong benang berlebih dan memperbaiki jahitan jika diperlukan.

9. Menggantung Gorden:

  • Pasang gorden pada tiang jendela Anda menggunakan pita penggantung atau cincin gorden. Pastikan gorden tergantung dengan rapi dan merata.

10. Menyetrika Gorden:

  • Terakhir, setrika gorden Anda untuk merapikan semua lipatan dan memberikan tampilan yang lebih rapi.

Tips Tambahan:

  • Saat memilih kain untuk gorden Anda, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat privasi yang Anda inginkan, sejauh mana Anda ingin mengontrol cahaya matahari, dan bagaimana warna dan pola kain akan cocok dengan dekorasi rumah Anda.
  • Jika Anda menggunakan mesin jahit, pastikan untuk menggunakan jarum yang sesuai dengan kain Anda, terutama jika kainnya tebal atau berat.
  • Jika Anda adalah pemula dalam menjahit, Anda dapat memulai dengan proyek gorden yang sederhana dan kemudian beralih ke yang lebih kompleks seiring dengan peningkatan keterampilan Anda.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan lining (lapisan dalam) pada gorden Anda jika Anda ingin meningkatkan daya tahan, isolasi termal, atau privasi mereka.
Read More :   Cara Membuat Ayam Geprek