Cara Membuat Handsanitizer Sendiri

Bikin Sendiri Hand Sanitizer Sesuai Surat Edaran BPOM

Membuat hand sanitizer sendiri adalah langkah yang mudah dan praktis, terutama saat Anda tidak memiliki akses langsung ke produk yang dibeli di toko atau ingin menghindari penggunaan bahan kimia berlebihan. Hand sanitizer adalah salah satu cara efektif untuk membersihkan tangan dan melawan kuman, termasuk virus dan bakteri. Dalam panduan ini, kita akan membahas cara membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  1. Alkohol Isopropil (Isopropyl Alcohol): Alkohol isopropil adalah bahan aktif dalam hand sanitizer yang membunuh kuman. Anda memerlukan setidaknya 60% alkohol isopropil dalam campuran untuk efektif. Pastikan alkohol yang Anda gunakan memiliki kadar alkohol minimal 60%.
  2. Gel Lidah Buaya (Aloe Vera Gel): Gel lidah buaya digunakan untuk menjaga kulit tetap lembap dan mencegah kulit menjadi terlalu kering akibat alkohol. Ini juga membantu mengencerkan campuran agar lebih mudah digunakan.
  3. Minyak Esensial (Opsional): Minyak esensial seperti minyak tea tree atau minyak lavender dapat ditambahkan untuk memberikan wangi dan sifat antimikroba tambahan. Ini opsional, tetapi dapat meningkatkan pengalaman penggunaan hand sanitizer.
  4. Botol atau Wadah Kosong: Anda memerlukan wadah yang sesuai untuk menyimpan hand sanitizer yang sudah jadi.

Langkah-langkah Membuat Hand Sanitizer:

  1. Persiapkan Peralatan dan Area Kerja: Pastikan tangan Anda dan semua peralatan yang akan Anda gunakan bersih. Anda juga dapat mengenakan sarung tangan sebagai langkah keamanan tambahan.
  2. Pengukuran Bahan: Ukur bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat sekitar 250 ml hand sanitizer, Anda dapat menggunakan 2/3 bagian alkohol isopropil dan 1/3 bagian gel lidah buaya. Misalnya, untuk 250 ml hand sanitizer, gunakan 170 ml alkohol isopropil dan 80 ml gel lidah buaya.
  3. Campurkan Bahan: Campurkan alkohol isopropil dan gel lidah buaya ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Anda dapat menggunakan mangkuk atau botol kosong dengan tutup yang dapat dimasukkan ke dalam tas atau saku Anda.
  4. Tambahkan Minyak Esensial (Opsional): Jika Anda ingin menambahkan minyak esensial, teteskan beberapa tetes ke dalam campuran. Kira-kira 10-15 tetes sudah cukup untuk 250 ml hand sanitizer. Pastikan minyak esensial yang Anda pilih aman untuk digunakan pada kulit.
  5. Aduk Campuran: Gunakan spatula atau sendok bersih untuk mencampurkan bahan-bahan secara merata. Pastikan campuran benar-benar tercampur dengan baik sehingga hand sanitizer memiliki konsistensi yang seragam.
  6. Tes Konsistensi dan Aroma: Coba campuran hand sanitizer pada tangan Anda. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit gel lidah buaya. Jika Anda ingin aroma yang lebih kuat dari minyak esensial, tambahkan beberapa tetes lagi sesuai selera.
  7. Transfer ke Botol: Gunakan corong jika perlu untuk memudahkan menuangkan campuran ke dalam botol kosong. Pastikan botol tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.
  8. Label dan Simpan dengan Baik: Beri label botol dengan jelas sebagai “Hand Sanitizer” dan sertakan persentase alkohol jika mungkin. Simpan hand sanitizer dalam suhu ruangan dan hindari paparan langsung terhadap sinar matahari.
Read More :   Manfaat Susu Beruang Untuk Penyakit Ambeien, Begini Saran Dokter

Penting untuk Diperhatikan:

  • Kebersihan: Pastikan tangan, peralatan, dan wadah yang Anda gunakan benar-benar bersih untuk menghindari kontaminasi.
  • Kadar Alkohol: Pastikan campuran memiliki setidaknya 60% alkohol isopropil. Ini penting untuk efektivitasnya dalam membunuh kuman.
  • Hindari Mata dan Mulut: Jangan gunakan hand sanitizer di dekat mata atau mulut, karena alkohol dapat iritasi.
  • Penggunaan yang Bijak: Gunakan hand sanitizer saat Anda tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air. Ini bukan pengganti cuci tangan rutin.
  • Efektivitas: Hand sanitizer yang Anda buat dapat efektif dalam membunuh kuman, tetapi tidak dapat menggantikan tindakan kebersihan yang baik seperti mencuci tangan secara teratur.

Sekarang, Anda telah belajar cara membuat hand sanitizer sendiri. Ini adalah solusi yang praktis ketika Anda memerlukan akses cepat ke hand sanitizer dan tidak memiliki yang siap pakai. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tangan Anda dan mengikuti pedoman kesehatan yang disarankan oleh otoritas kesehatan setempat.