Cara Membuat Ayam Goreng Bawang Putih

Cara Membuat Ayam Goreng Bawang Putih, Khas Batam - CaraMembuat.id

Ayam goreng bawang putih adalah hidangan yang lezat dengan rasa gurih dan aroma bawang putih yang khas. Dalam resep ini, kita akan membuat ayam goreng yang renyah di luar dan empuk di dalam, disiram dengan saus bawang putih yang sedap. Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam lebih dari 600 kata untuk membuat ayam goreng bawang putih:

Bahan-bahan:

Bagian Ayam:

  • 500 gram potongan ayam (gunakan potongan ayam sesuai selera, seperti paha, dada, atau sayap)
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh bubuk kunyit (opsional, untuk warna)
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bagian Bumbu:

  • 8-10 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 cabai merah besar, iris tipis (sesuai selera)
  • 3 cabai rawit merah (opsional, sesuai selera)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah:

Persiapan Ayam:

  1. Cuci Ayam: Bersihkan potongan ayam di bawah air mengalir dan keringkan dengan menggunakan tisu dapur atau handuk bersih.
  2. Marinasi Ayam: Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan potongan ayam dengan kecap manis, garam, merica bubuk, bubuk kunyit (jika digunakan), dan 1 sendok makan minyak goreng. Pastikan semua potongan ayam terbalut rata dengan bumbu. Biarkan ayam marinasi selama minimal 30 menit atau lebih lama untuk hasil yang lebih meresap.

Membuat Saus Bawang Putih:

  1. Panaskan Minyak: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang-tinggi. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan bawang putih.
  2. Tumis Bawang Putih: Tumis bawang putih cincang halus dalam minyak panas hingga harum dan berubah warna kecokelatan. Pastikan Anda memantau proses ini dengan cermat, karena bawang putih bisa cepat gosong dan berubah menjadi pahit.
  3. Tambahkan Bumbu Lainnya: Setelah bawang putih mulai berwarna kecokelatan, tambahkan daun salam, serai yang sudah dimarkan, lengkuas yang sudah dimarkan, cabai merah besar iris tipis, dan cabai rawit merah (jika digunakan). Tumis semua bumbu hingga harum dan bumbu-bumbu lainnya menjadi lebih lembut.
  4. Saring Saus Bawang Putih: Setelah bumbu telah matang dan harum, saring saus bawang putih dengan menggunakan saringan atau kain bersih untuk menghilangkan bawang putih cincang dan bumbu lainnya. Simpan sausnya, dan panaskan kembali sebelum menyajikan.
Read More :   20 Contoh Hewan Ovovivipar, Ini Ulasannya

Menggoreng Ayam:

  1. Panaskan Minyak untuk Menggoreng: Tuangkan minyak goreng dalam jumlah yang cukup dalam wajan atau penggorengan. Panaskan minyak hingga cukup panas untuk menggoreng ayam. Anda dapat memeriksa kepanasan minyak dengan mencelupkan ujung sebatang sumpit kayu ke dalam minyak, jika muncul gelembung segera di sekitarnya, maka minyak sudah cukup panas.
  2. Goreng Ayam: Masukkan potongan ayam satu per satu ke dalam minyak panas. Jangan terlalu banyak menambahkan ayam dalam satu waktu agar ayam goreng tetap renyah. Goreng ayam hingga kecokelatan dan matang sempurna, butuh sekitar 8-10 menit tergantung pada ukuran potongan ayam.
  3. Tiriskan Ayam: Angkat ayam dari minyak panas dengan menggunakan sendok berlubang atau saringan dan tiriskan di atas kertas tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Penyajian:

  1. Sajikan Ayam: Letakkan potongan ayam goreng pada piring saji. Anda dapat menumpuknya atau menyusunnya sesuai selera.
  2. Siram dengan Saus Bawang Putih: Saat akan disajikan, panaskan kembali saus bawang putih yang telah disaring. Tuangkan saus ini di atas ayam goreng.
  3. Hidangkan: Ayam goreng bawang putih siap untuk disantap. Anda bisa menyajikannya sebagai hidangan utama dengan nasi hangat, lalapan, atau sambal sesuai selera.

Ayam goreng bawang putih ini akan menggugah selera Anda dengan cita rasa yang gurih dan harum bawang putih yang khas. Selamat menikmati!