Cara Membuat Ubi Ungu Sago Milk Cheese

SEGER BANGET !! TERNYATA GINI RESEP MINUMAN VIRAL KEKINIAN | IDE BISNIS  JUALAN LARIS TERBARU - YouTube

Ubi ungu sago milk cheese adalah hidangan penutup yang lezat dan menggugah selera. Kombinasi ubi ungu yang manis, sago yang kenyal, susu kental manis, dan keju meleleh menciptakan paduan rasa yang istimewa. Dalam resep ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat ubi ungu sago milk cheese yang lezat.

Bahan-bahan:

Bagian Ubi Ungu:

  • 500 gram ubi ungu, kupas, potong dadu
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • Sejumput garam

Bagian Sago:

  • 100 gram sago mutiara
  • Air untuk merebus sago

Bagian Milk Cheese:

  • 400 ml susu cair
  • 150 gram keju cheddar, parut
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili ekstrak
  • 2 sendok makan tepung maizena (larutkan dalam sedikit air)
  • Sejumput garam

Langkah-langkah:

Bagian Ubi Ungu:

  1. Siapkan Ubi Ungu: Kupas ubi ungu dan potong menjadi dadu kecil. Pastikan ukuran potongan seragam agar matang secara merata.
  2. Rebus Ubi Ungu: Letakkan ubi ungu yang sudah dipotong ke dalam panci, tambahkan air, gula pasir, dan sejumput garam. Rebus ubi ungu dengan api sedang hingga empuk dan air meresap sepenuhnya, sekitar 15-20 menit.
  3. Tumbuk Ubi Ungu: Setelah ubi ungu empuk, tiriskan airnya (jangan dibuang, bisa digunakan untuk membuat minuman manis). Tumbuk ubi ungu hingga halus dengan menggunakan alat penghalus makanan atau garpu. Sisihkan.

Bagian Sago:

  1. Rendam Sago: Rendam sago mutiara dalam air selama sekitar 15-20 menit, atau hingga sago mengembang dan menjadi kenyal. Setelah mengembang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Rebus Sago: Rebus sago mutiara dalam panci berisi air mendidih hingga sago mengapung dan bening, sekitar 10-15 menit. Pastikan sago matang sempurna tanpa ada bagian yang masih keras di tengahnya. Setelah matang, tiriskan dan bilas sago dengan air dingin.
Read More :   Tas Selempang Sling Bag Wanita

Bagian Milk Cheese:

  1. Panaskan Susu: Panaskan susu cair dalam panci dengan api sedang sambil terus diaduk hingga susu hampir mendidih.
  2. Tambahkan Gula dan Vanili: Setelah susu hampir mendidih, tambahkan gula pasir dan vanili ekstrak. Aduk hingga gula larut sepenuhnya dalam susu.
  3. Tambahkan Tepung Maizena: Larutkan tepung maizena dalam sedikit air dingin, lalu tambahkan ke dalam campuran susu. Aduk terus hingga campuran mengental dan mendidih. Setelah itu, matikan api.
  4. Tambahkan Keju: Setelah campuran susu mengental, tambahkan keju parut ke dalamnya. Aduk hingga keju meleleh dan tercampur rata dengan campuran susu. Keju akan memberikan rasa gurih yang lezat pada saus.

Penyusunan Ubi Ungu Sago Milk Cheese:

  1. Siapkan Wadah: Ambil wadah atau gelas saji, lalu masukkan tumbukan ubi ungu sebagai lapisan dasar.
  2. Tumpuk dengan Sago: Selanjutnya, tambahkan sago yang sudah direbus di atas ubi ungu.
  3. Siram dengan Saus Milk Cheese: Tuangkan saus milk cheese ke atas lapisan sago. Pastikan saus merata menutupi seluruh permukaan.
  4. Dinginkan: Dinginkan hidangan ubi ungu sago milk cheese dalam lemari es selama minimal 2 jam agar lebih nikmat saat disajikan.
  5. Hidangkan: Setelah dingin, ubi ungu sago milk cheese siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan hiasan seperti potongan keju cheddar atau irisan ubi ungu untuk tampilan yang lebih menarik.

Ubi ungu sago milk cheese ini adalah hidangan penutup yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Rasanya yang manis dan gurih pasti akan memuaskan selera Anda. Selamat mencoba!