Cara Membuat Bumbu Tabur Cimol

RESEP BUMBU GURIH CIMOL CILOK CILOR - YouTube

Bumbu tabur cimol adalah campuran bumbu kering yang digunakan untuk memberi cita rasa pada cimol, sejenis camilan goreng yang populer di Indonesia. Cimol terbuat dari adonan tepung tapioka yang diisi dengan berbagai bahan, seperti keju, jagung, atau sosis, dan kemudian digoreng hingga garing. Bumbu tabur cimol adalah tambahan yang penting untuk memberi rasa gurih, pedas, dan gurih pada camilan ini. Berikut adalah cara membuat bumbu tabur cimol:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai proses pembuatan bumbu tabur cimol, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang Anda perlukan:

Bumbu Utama:

  1. 2 sendok makan cabai bubuk (sesuai selera, bisa lebih atau kurang sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan).
  2. 2 sendok makan bawang putih bubuk (atau Anda dapat menggunakan bawang putih segar yang dihaluskan).
  3. 1 sendok makan garam.
  4. 1 sendok makan gula pasir.
  5. 1 sendok teh merica bubuk.
  6. 1 sendok teh kaldu bubuk (opsional).

Bahan Pelengkap:

  1. 2 sendok makan susu bubuk (opsional, untuk memberikan rasa gurih).
  2. 1 sendok makan tepung maizena atau tepung jagung (untuk mengencerkan bumbu).
  3. 1 sendok makan minyak sayur (opsional, untuk membuat bumbu lebih lengket pada cimol).
  4. Irisan daun seledri kering (opsional, untuk aroma segar).

Langkah-langkah Pembuatan Bumbu Tabur Cimol:

Setelah semua bahan telah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bumbu tabur cimol:

Langkah 1: Mencampur Bumbu Utama

  • Dalam sebuah wadah, campur bersama cabai bubuk, bawang putih bubuk, garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk (jika digunakan). Aduk rata semua bumbu utama ini. Anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasan dengan menambah atau mengurangi cabai bubuk.

Langkah 2: Menambahkan Bahan Pelengkap

  • Setelah bumbu utama tercampur rata, tambahkan susu bubuk (jika digunakan) ke dalam campuran bumbu dan aduk hingga merata. Susu bubuk akan memberikan rasa gurih pada bumbu tabur.
  • Tambahkan tepung maizena atau tepung jagung ke dalam campuran dan aduk lagi hingga merata. Ini akan membantu mengencerkan bumbu agar lebih mudah menempel pada cimol.
  • Jika Anda ingin membuat bumbu lebih lengket pada cimol, tambahkan satu sendok makan minyak sayur ke dalam campuran bumbu dan aduk hingga merata.
Read More :   Karakteristik Beruang Artik

Langkah 3: Mengeringkan Bumbu Tabur

  • Tuangkan campuran bumbu tabur ke dalam wajan datar yang sudah dipanaskan. Panggang atau tumis bumbu dengan api kecil hingga bumbu menjadi kering dan terasa ringan saat dipegang. Pastikan untuk terus diaduk agar bumbu tidak gosong.

Langkah 4: Dinginkan dan Simpan

  • Setelah bumbu tabur cimol sudah kering dan berubah warna menjadi agak kecokelatan, angkat dari wajan dan biarkan mendingin di suhu ruangan.
  • Setelah bumbu tabur benar-benar dingin, Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara yang bersih dan kering. Bumbu tabur cimol dapat bertahan selama beberapa minggu atau bahkan lebih lama jika disimpan dengan baik.

Langkah 5: Taburkan pada Cimol

  • Saat Anda ingin menyajikan cimol, goreng cimol sesuai resep Anda hingga kuning keemasan dan garing.
  • Taburkan bumbu tabur cimol yang sudah Anda buat sebelumnya ke atas cimol yang masih panas. Pastikan untuk mencampur cimol dengan bumbu tabur hingga merata agar rasa bumbu terasa di setiap gigitan.

Cimol siap disajikan dengan bumbu tabur yang lezat! Camilan ini akan memiliki cita rasa gurih, pedas, dan gurih yang menggugah selera. Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan dan rasa sesuai dengan selera Anda dengan mengatur jumlah cabai bubuk dan bahan lainnya. Selamat mencoba!