Cara Membuat Sanggul Dari Rambut Sendiri

Tutorial Sanggul Super Simpel Hanya 3 Menit - Beauty Fimela.com

Membuat sanggul dari rambut sendiri adalah keterampilan yang berguna dan sering digunakan, baik untuk sehari-hari maupun acara formal. Sanggul adalah gaya rambut yang terikat atau tergulung ke atas atau ke belakang kepala dengan cara tertentu. Dalam panduan ini, saya akan memberi tahu Anda cara membuat sanggul sederhana dari rambut sendiri.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  1. Sisir rambut.
  2. Gel atau semprotan rambut (opsional, untuk mengontrol rambut yang tidak rapi).
  3. Band atau karet rambut.
  4. Penjepit rambut (bobby pins) yang sesuai dengan warna rambut Anda.
  5. Hairspray (opsional, untuk menjaga sanggul tetap rapi).

Langkah-langkah Membuat Sanggul Sederhana:

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sanggul sederhana dari rambut sendiri:

Langkah 1: Bersihkan dan Keringkan Rambut

Sebelum membuat sanggul, pastikan rambut Anda dalam keadaan bersih dan kering. Anda dapat mencuci rambut terlebih dahulu jika perlu. Pastikan rambut Anda bebas dari anyaman atau kusut.

Langkah 2: Sikat Rambut dengan Sisir

Sisir rambut Anda dengan lembut untuk menghilangkan semua kekusutan dan menjadikan rambut lebih mudah diatur. Pastikan rambut rata dan tanpa simpul.

Langkah 3: Pilih Lokasi Sanggul

Tentukan lokasi di mana Anda ingin membuat sanggul. Sanggul bisa dibuat di bagian tengah belakang kepala, di samping, atau lebih tinggi di atas kepala sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

Langkah 4: Buat ekor kuda

Mulailah dengan mengumpulkan seluruh rambut ke dalam ekor kuda. Gunakan band atau karet rambut untuk mengikat rambut pada lokasi di mana Anda ingin membuat sanggul. Pastikan ikatan cukup kuat agar rambut tetap terkumpul.

Langkah 5: Membuat Loop

Sekarang, ambil ekor kuda yang telah Anda buat dan belah menjadi dua bagian. Pegang dua bagian tersebut dan buat loop (lingkaran) di atas ikatan ekor kuda. Ini akan menjadi dasar sanggul.

Read More :   Tas Selempang Pria

Langkah 6: Mulai Menggulung Rambut

Dengan loop yang telah Anda buat, mulailah menggulung rambut ke atas. Pastikan Anda merapikan rambut saat Anda menggulungnya agar sanggul terlihat rapi.

Langkah 7: Aman dengan Penjepit Rambut

Gunakan penjepit rambut (bobby pins) untuk mengamankan sanggul. Sisipkan penjepit rambut di sekitar sanggul untuk menjaganya tetap tergulung dengan baik. Anda mungkin perlu menggunakan beberapa penjepit rambut untuk menjaga sanggul tetap stabil.

Langkah 8: Selesaikan dengan Hairspray (Opsional)

Jika Anda ingin menjaga sanggul tetap rapi sepanjang hari, Anda dapat menyemprotkan hairspray secara ringan pada seluruh sanggul. Ini akan membantu mengontrol rambut yang mungkin keluar dari sanggul.

Langkah 9: Periksa dan Sentuh-sentuh

Setelah Anda selesai membuat sanggul, periksa dan sentuh-sentuh untuk memastikan bahwa sanggul terasa nyaman dan tidak kendur. Jika Anda menemukan bagian yang tidak terikat dengan baik, tambahkan penjepit rambut sesuai kebutuhan.

Langkah 10: Jaga Gaya Sanggul Anda

Sanggul yang telah Anda buat sekarang siap untuk dikenakan. Pastikan Anda menjaga gaya sanggul Anda sepanjang hari dengan menjaga penjepit rambut dalam tas Anda jika diperlukan. Anda juga dapat menggulung kembali bagian yang kendur jika perlu.

Itulah langkah-langkah sederhana untuk membuat sanggul dari rambut sendiri. Anda dapat mengkreasikan berbagai gaya sanggul dengan cara yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Ingatlah bahwa semakin sering Anda melatih membuat sanggul, semakin mahir Anda akan menjadi. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai gaya sanggul yang berbeda untuk mencari tampilan yang sesuai dengan Anda.