Makanan Khas Thailand

Wisata Kuliner Bangkok dengan 12 Makanan Khas Ini! - Tokopedia Blog

Makanan Thailand adalah salah satu yang paling terkenal di dunia karena rasa yang lezat, aroma yang menggoda, dan penggunaan bahan-bahan segar serta rempah-rempah yang melimpah. Dapur Thailand sangat beragam dan mencerminkan kekayaan budaya, geografis, dan historis negara ini. Berikut adalah beberapa makanan khas Thailand yang patut dicoba:

  1. Tom Yum Goong: Tom Yum Goong adalah sup pedas yang terkenal dengan campuran rasa pedas, asam, dan gurih. Ini terbuat dari kaldu ikan atau udang dengan tomat, jamur, udang, dan bumbu seperti serai, daun jeruk, dan cabai merah.
  2. Pad Thai: Pad Thai adalah salah satu hidangan mi goreng yang paling ikonik di Thailand. Ini terdiri dari mi beras yang digoreng dengan telur, tauge, udang, atau daging ayam, serta bumbu seperti gula merah, tamarind, dan bawang putih. Ini sering disajikan dengan kacang tanah dan irisan jeruk nipis.
  3. Green Curry (Kaeng Khiao Wan): Green curry adalah hidangan kari pedas yang terbuat dari pasta kari hijau, santan, dan berbagai bahan seperti ayam, daging sapi, atau seafood. Ini sering disajikan dengan nasi putih.
  4. Som Tum: Som Tum adalah salad yang terbuat dari papaya yang diparut, dicampur dengan tomat, cabai, bawang putih, gula, dan jus jeruk nipis. Ini adalah hidangan yang segar dan pedas.
  5. Massaman Curry: Massaman curry adalah hidangan kari yang kaya rasa, dengan campuran rasa manis, gurih, dan pedas. Ini sering mengandung daging sapi atau daging ayam, kentang, dan kacang tanah.
  6. Khao Pad: Khao Pad adalah nasi goreng Thailand yang digoreng dengan telur, bawang putih, dan berbagai bahan tambahan seperti ayam, udang, atau sosis.
  7. Khao Soi: Khao Soi adalah mi yang disajikan dalam sup kari kental yang kaya rasa. Ini adalah hidangan utama di wilayah Utara Thailand dan sering disajikan dengan ayam atau daging sapi.
  8. Mango Sticky Rice (Khao Niew Mamuang): Mango Sticky Rice adalah pencuci mulut yang terbuat dari beras ketan yang digabungkan dengan santan dan disajikan dengan irisan mangga matang di atasnya. Ini adalah hidangan manis yang populer.
  9. Satay: Satay adalah daging (biasanya ayam, sapi, atau kambing) yang dipotong menjadi potongan kecil, ditusuk pada tusuk sate, dan kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus kacang yang lezat.
  10. Kao Niew Ma Muang (Sticky Rice with Mango): Sticky Rice with Mango adalah pencuci mulut yang terdiri dari beras ketan yang digabungkan dengan santan dan gula, disajikan dengan irisan mangga manis di atasnya.
  11. Yam Nua (Thai Beef Salad): Yam Nua adalah hidangan salad pedas yang terbuat dari daging sapi yang digoreng atau dipanggang, dicampur dengan cabai, bawang merah, daun ketumbar, dan saus pedas seperti Nam Prik.
  12. Pla Rad Prik (Fried Fish with Chili Sauce): Pla Rad Prik adalah hidangan ikan goreng yang disajikan dengan saus cabai pedas. Ikan yang sering digunakan adalah ikan nila atau ikan lele.
  13. Gai Pad Krapow (Chicken with Basil): Gai Pad Krapow adalah hidangan ayam cincang yang digoreng bersama dengan daun basil, bawang merah, cabai, dan bawang putih. Ini sering disajikan dengan nasi dan telur mata sapi di atasnya.
  14. Hoy Tod (Thai Oyster Omelette): Hoy Tod adalah omelet yang dibuat dengan mencampurkan telur dengan tiram dan tepung beras. Ini adalah hidangan gurih yang sering disajikan dengan saus cuka pedas.
  15. Khao Mun Gai (Chicken Rice): Khao Mun Gai adalah hidangan nasi yang disajikan dengan ayam yang dimasak dalam sup dan disajikan dengan saus bawang putih dan cabai.
Read More :   Cara Membuat Tahu Isi Sendiri

Makanan Thailand terkenal dengan penggunaan rempah-rempah segar seperti serai, daun jeruk, daun ketumbar, dan cabai, yang memberikan hidangan rasa pedas, segar, dan aromatik. Selain itu, makanan Thailand sering memiliki rasa seimbang antara manis, pedas, asam, dan gurih.

Thailand juga dikenal dengan makanan jalanan yang lezat, seperti satay, som tum, dan khao man gai yang dapat ditemukan di setiap sudut kota. Kekayaan kuliner Thailand menjadikannya salah satu tujuan kuliner terpopuler di dunia, dan makanan khasnya telah menarik perhatian banyak pencinta makanan internasional. Dalam perjalanan Anda ke Thailand, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan-hidangan khas yang memanjakan lidah Anda.