Cara Membuat Milidi Sendiri Di Rumah

MIE LIDI KEMASAN 1KG MIE LIDI BOX KEMASAN 500ML TERLARIS /MILIDI/LIDI  LIDIAN/ MIE LIDI ANEKA RASA/MAKANAN RINGAN/SNACK/CAMILAN/JAJANAN  JADUL/SNACK KEKINIAN | Lazada Indonesia

Mie lidi, juga dikenal sebagai mie keriting atau mie karet, adalah hidangan mie yang populer di Asia Tenggara. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan lezat, dan sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti mie goreng dan sup mie. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membuat mie lidi sendiri di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu serbaguna.
  • 2 butir telur.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1 sdm minyak sayur.
  • Air secukupnya.

Langkah 1: Menyiapkan Bahan-Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki tepung terigu serbaguna, telur, garam, dan minyak sayur. Anda juga perlu air secukupnya.

Langkah 2: Mencampur Bahan-Bahan

Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu dan garam. Buat lubang di tengah campuran tepung dan pecahkan telur ke dalam lubang tersebut. Tambahkan minyak sayur ke dalam lubang yang sama.

Langkah 3: Menguleni Adonan

Mulailah mengaduk telur dan minyak ke dalam tepung secara perlahan. Saat campuran menjadi padat, tambahkan air sedikit demi sedikit dan terus aduk hingga adonan tercampur dengan baik. Anda akan memerlukan sekitar 1/4 hingga 1/2 cangkir air, tergantung pada kualitas tepung dan ukuran telur.

Langkah 4: Membentuk Adonan

Ketika adonan sudah cukup kental dan tidak lengket, pindahkan ke permukaan yang sudah ditaburi tepung terigu. Kemudian uleni adonan selama sekitar 10-15 menit hingga adonan menjadi elastis dan mulus. Ini penting untuk menciptakan tekstur mie yang kenyal.

Langkah 5: Istirahatkan Adonan

Setelah menguleni adonan, bentuk menjadi bola dan letakkan dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan sedikit minyak. Tutup dengan serbet lembab atau kain bersih dan biarkan istirahat selama 30-60 menit. Proses istirahat ini akan membantu adonan menjadi lebih elastis dan mudah diolah.

Read More :   Alat Musik Sitar India

Langkah 6: Membentuk Mie Lidi

Setelah istirahat, adonan akan lebih elastis dan mudah dibentuk. Pecahkan adonan menjadi beberapa bagian kecil, tergantung pada ukuran mie lidi yang Anda inginkan. Gulung setiap bagian menjadi batang panjang dengan diameter sekitar 1-2 cm.

Langkah 7: Memasak Mie Lidi

Didihkan panci berisi air. Setelah air mendidih, tambahkan sedikit garam. Rebus mie lidi yang sudah dibentuk selama sekitar 3-4 menit atau hingga mie mengapung dan terasa kenyal saat digigit.

Langkah 8: Sajikan Mie Lidi

Angkat mie lidi yang sudah matang dari air dan tiriskan. Mie lidi siap disajikan dalam hidangan mie goreng, sup mie, atau hidangan lain sesuai selera Anda.

Membuat mie lidi sendiri di rumah adalah cara yang menyenangkan dan memuaskan untuk menikmati hidangan mie yang segar dan kenyal. Anda dapat mengkreasikan berbagai hidangan yang lezat dengan mie lidi ini. Selamat mencoba!