Cara Membuat Jamur Crispy

RESEP JAMUR CRISPY RENYAH TAHAN LAMA - YouTube

Jamur crispy adalah hidangan gurih yang populer di restoran-restoran dan kafe-kafe. Jamur yang digoreng hingga renyah dengan lapisan tepung yang gurih membuat hidangan ini lezat dan cocok sebagai camilan atau hidangan pembuka. Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan cara membuat jamur crispy yang lezat dan renyah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum Anda mulai membuat jamur crispy, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan berikut:

Untuk Jamur:

  1. 250 gram jamur segar (jamur shiitake atau jamur campur bisa digunakan)
  2. 1 cangkir tepung terigu (all-purpose flour)
  3. 2 telur, dikocok lepas
  4. 1 cangkir tepung roti
  5. 1 sdt bubuk bawang putih
  6. 1 sdt bubuk paprika
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/2 sdt merica
  9. Minyak goreng untuk menggoreng

Untuk Saus Dip (Opsional):

  1. 1/4 cangkir mayones
  2. 1 sdm saus sambal (atau sesuai selera)
  3. 1 sdm saus tomat

Langkah-Langkah Pembuatan Jamur Crispy:

  1. Siapkan Jamur: Cuci jamur dengan hati-hati dan potong bagian pangkal batangnya jika ada. Anda bisa menggunakan jamur utuh atau memotongnya menjadi potongan sesuai selera.
  2. Persiapkan Lapisan Tepung: Siapkan tiga mangkuk terpisah. Di mangkuk pertama, tambahkan tepung terigu. Di mangkuk kedua, tambahkan telur yang telah dikocok lepas. Di mangkuk ketiga, campurkan tepung roti, bubuk bawang putih, bubuk paprika, garam, dan merica. Campuran ini akan menjadi lapisan luar jamur yang akan membuatnya crispy.
  3. Lapisi Jamur: Ambil satu potongan jamur dan celupkan ke dalam tepung terigu hingga tertutup merata, lalu goreskan melalui telur yang telah dikocok lepas, dan terakhir gulingkan dalam campuran tepung roti. Pastikan jamur benar-benar dilapisi dengan lapisan tepung roti.
  4. Goreng Jamur: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup panas sebelum Anda mulai menggoreng. Anda bisa menguji dengan mencelupkan ujung batang sumpit atau pisau ke dalam minyak; jika ada gelembung yang muncul sekitar batang sumpit atau pisau, minyak sudah cukup panas.
  5. Goreng Hingga Crispy: Goreng jamur dalam minyak panas hingga mereka berwarna keemasan dan renyah. Proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 3-4 menit. Anda bisa menggoreng beberapa jamur sekaligus, tetapi jangan terlalu banyak sehingga minyak tidak terlalu dingin.
  6. Tiriskan dan Sajikan: Angkat jamur dari minyak dengan saringan atau alat yang sesuai dan letakkan di atas kertas tisu untuk menyerap sisa minyak. Biarkan jamur crispy selama beberapa saat sebelum disajikan.
  7. Siapkan Saus Dip (Opsional): Jika Anda ingin menambahkan saus dip, campurkan mayones, saus sambal, dan saus tomat dalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata.
  8. Sajikan Jamur Crispy: Sajikan jamur crispy panas sebagai camilan atau hidangan pembuka. Anda dapat menambahkan saus dip di sampingnya atau mencelupkan jamur langsung ke dalam saus tersebut.
Read More :   Cara Mengedit Foto Dengan Cepat

Selamat menikmati jamur crispy yang lezat dan gurih yang Anda buat sendiri! Anda juga dapat menambahkan bumbu atau rempah-rempah lain sesuai selera, seperti bubuk kunyit atau paprika pedas, untuk memberikan rasa yang lebih beragam pada jamur crispy Anda. Semoga berhasil!