Cara Membuat Nasi Goreng Ayam Pedas

Resep Nasi Goreng Ayam Suwir, Cocok Jadi Makan Malam Hari Ini | Endeus.TV

Nasi goreng ayam pedas adalah hidangan yang lezat dan populer di banyak negara, termasuk Indonesia. Dalam hidangan ini, nasi digoreng bersama dengan ayam, sayuran, dan bumbu-bumbu pedas yang memberikan cita rasa yang khas. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat nasi goreng ayam pedas :

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan:

Untuk Nasi Goreng:

  1. 2 cangkir nasi dingin (nasi yang sudah direbus sehari sebelumnya lebih baik)
  2. 200 gram daging ayam, potong menjadi potongan kecil
  3. 2 butir telur, dikocok lepas
  4. 1/2 cangkir wortel, potong dadu kecil
  5. 1/2 cangkir buncis, potong kecil
  6. 3 siung bawang putih, cincang halus
  7. 2 batang daun bawang, potong tipis
  8. 2 sdm minyak sayur
  9. Garam secukupnya
  10. Merica secukupnya

Untuk Bumbu Nasi Goreng Pedas:

  1. 2 sdm saus sambal (atau sesuai selera)
  2. 1 sdm saus tomat
  3. 1 sdm kecap manis
  4. 1/2 sdm kecap asin
  5. 1/2 sdm gula merah (atau gula pasir)
  6. 1/2 sdt terasi bubuk (opsional, memberikan cita rasa tambahan)
  7. 1/2 sdm minyak wijen (opsional, memberikan aroma tambahan)

Langkah-Langkah Pembuatan Nasi Goreng Ayam Pedas:

  1. Siapkan Bahan dan Alat: Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan dan memotongnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Siapkan juga wajan besar untuk menggoreng nasi goreng.
  2. Panaskan Minyak: Panaskan minyak sayur dalam wajan besar dengan api sedang-tinggi. Setelah minyak panas, tambahkan daging ayam yang sudah dipotong dan tumis hingga berubah warna dan matang sepenuhnya.
  3. Tambahkan Bawang Putih dan Telur: Tambahkan bawang putih cincang halus ke dalam wajan dan aduk selama beberapa detik hingga harum. Kemudian, tuangkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam wajan. Aduk telur dengan cepat hingga berbentuk gumpalan kecil.
  4. Masukkan Sayuran: Tambahkan wortel dan buncis ke dalam wajan. Aduk rata dengan ayam dan telur. Masak sayuran hingga setengah matang, tetapi tetap renyah.
  5. Tambahkan Nasi Dingin: Masukkan nasi dingin ke dalam wajan. Pastikan nasi terpisah dan tidak menggumpal. Aduk rata dengan semua bahan lainnya dalam wajan.
  6. Tambahkan Bumbu: Tambahkan semua bumbu nasi goreng pedas, yaitu saus sambal, saus tomat, kecap manis, kecap asin, gula merah (atau gula pasir), terasi bubuk (jika digunakan), dan minyak wijen (jika digunakan). Aduk rata dan pastikan bumbu meresap ke seluruh nasi dan bahan lainnya.
  7. Koreksi Rasa: Cobalah nasi goreng dan koreksi rasa sesuai selera Anda. Jika perlu, tambahkan garam dan merica secukupnya.
  8. Tambahkan Daun Bawang: Tambahkan daun bawang potong kecil ke dalam nasi goreng dan aduk sebentar hingga daun bawang layu.
  9. Sajikan Nasi Goreng Ayam Pedas: Sajikan nasi goreng ayam pedas panas dalam piring atau mangkuk. Anda dapat menambahkan irisan timun, tomat, atau acar sebagai pelengkap jika diinginkan.
Read More :   Tas Selempang Pria

Selamat menikmati nasi goreng ayam pedas yang lezat dan pedas! Anda juga dapat mengatur tingkat kepedasan sesuai dengan preferensi Anda dengan menambahkan lebih banyak saus sambal atau merica. Semoga berhasil!