Cara Membuat Tahu Sumedang

Resep Tahu Sumedang Rumahan - YouTube

Tahu Sumedang adalah hidangan khas Indonesia, khususnya dari daerah Sumedang, Jawa Barat. Tahu Sumedang terkenal karena teksturnya yang lembut di dalam dan renyah di luar, serta disajikan dengan sambal kacang yang lezat. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Tahu Sumedang:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Untuk Tahu Sumedang:

  1. 250 gram tahu Sumedang (tahu asli dari Sumedang jika tersedia)
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 50 gram tepung beras
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 250 ml air
  7. Minyak sayur untuk menggoreng

Untuk Sambal Kacang:

  1. 100 gram kacang tanah, sangrai dan kupas kulitnya
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai merah (sesuai selera pedasnya)
  4. 2 sdm gula merah, sisir
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdm air asam jawa (atau air jeruk nipis)
  7. 200 ml air

Langkah-Langkah Pembuatan Tahu Sumedang:

Langkah 1: Mempersiapkan Tahu

  1. Potong Tahu: Potong tahu Sumedang menjadi potongan kecil atau sesuai selera. Potongan tahu biasanya berukuran sekitar 2×2 cm atau lebih kecil.

Langkah 2: Membuat Adonan Pelapis Tahu

  1. Campurkan Bahan Kering: Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
  2. Tambahkan Air: Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus aduk. Aduk hingga adonan memiliki konsistensi yang agak encer, mirip seperti adonan crepes atau adonan serbaguna. Pastikan tidak ada gumpalan dalam adonan.

Langkah 3: Menggoreng Tahu Sumedang

  1. Panaskan Minyak: Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat Celsius. Anda dapat menguji suhu minyak dengan merendam sejumput adonan pelapis ke dalam minyak; jika adonan mulai berbuih dan mengapung ke atas, minyak sudah cukup panas.
  2. Celupkan Tahu: Celupkan potongan tahu ke dalam adonan pelapis hingga seluruhnya terbalut adonan dengan merata.
  3. Goreng Tahu: Letakkan potongan tahu yang sudah dilapisi adonan ke dalam minyak panas dengan hati-hati. Jangan terlalu banyak menggoreng sekaligus agar tahu tidak menumpuk. Goreng tahu hingga berwarna kuning keemasan dan renyah, biasanya memakan waktu sekitar 4-5 menit. Anda mungkin perlu membalik tahu agar matang merata.
  4. Tiriskan Tahu: Angkat tahu dari minyak dengan menggunakan saringan atau sendok berlubang. Tiriskan minyak berlebih dengan meletakkan tahu di atas kertas tisu atau kertas dapur.
Read More :   Susu Beruang Untuk Infeksi Saluran Kencing

Langkah 4: Membuat Sambal Kacang

  1. Haluskan Kacang Tanah: Haluskan kacang tanah yang sudah disangrai dan dikupas kulitnya. Anda dapat menggunakan blender atau food processor untuk melakukan ini.
  2. Haluskan Bumbu: Haluskan bawang putih dan cabai merah bersama dengan gula merah, garam, dan air asam jawa (atau air jeruk nipis) dalam blender atau food processor hingga halus dan tercampur dengan baik.
  3. Panaskan Bumbu: Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam panci, tambahkan air, dan panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk. Biarkan bumbu mendidih dan terus masak hingga bumbu mengental dan berubah warna menjadi cokelat tua. Ini memakan waktu sekitar 5-7 menit.

Langkah 5: Penyajian Tahu Sumedang

  1. Sajikan Tahu Sumedang: Tata tahu Sumedang yang sudah digoreng di atas piring saji.
  2. Sajikan dengan Sambal Kacang: Sajikan tahu Sumedang bersama dengan sambal kacang yang telah Anda buat. Sambal kacang ini akan memberikan rasa gurih dan pedas yang lezat pada tahu.
  3. Tambahkan Bawang Goreng (Opsional): Untuk tampilan yang lebih menarik, Anda dapat menambahkan bawang goreng sebagai hiasan di atas tahu Sumedang.

Tahu Sumedang siap dinikmati sebagai hidangan pembuka atau camilan. Rasanya gurih, renyah di luar, dan lembut di dalam, terutama saat disajikan dengan sambal kacang yang lezat. Selamat mencoba!