Cara Membuat Kimbab HomeMade

Resep Kimbap homemade mudah & praktis oleh Anesha Inge - Cookpad

Kimbab adalah makanan khas Korea yang terdiri dari nasi yang digulung dengan bahan-bahan seperti sayuran, daging, dan telur dalam selembar nori (rumput laut). Kimbab biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan ringan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Kimbab homemade:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Untuk Nasi Kimbab:

  1. 2 cangkir beras sushi (nasi ketan), cuci dan masak seperti biasa
  2. 2 sdm cuka beras
  3. 1 sdm garam
  4. 1 sdm gula
  5. 10 lembar nori (rumput laut)

Untuk Isian Kimbab (Pilihan Bebas):

  1. 200 gram daging sapi atau ayam, potong kecil dan tumis hingga matang
  2. 1 wortel besar, potong panjang tipis
  3. 1 timun, potong panjang tipis
  4. 1 paprika merah, potong panjang tipis
  5. 4 telur ayam, buat omelet tipis dan potong panjang
  6. Selada hijau atau daun selada lainnya
  7. Daun perilla (opsional, bisa diganti dengan daun selada)

Saus Kimbab (Opsional):

  1. 2 sdm kecap asin
  2. 1 sdm minyak wijen
  3. 1 sdt biji wijen panggang
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt merica
  6. 1/2 sdt gula

Alat-Alat yang Diperlukan:

  1. Papan pemotong atau roti
  2. Gelas air hangat (untuk menempelkan nori)
  3. Sendok kayu (untuk meratakan nasi)

Langkah-Langkah Pembuatan Kimbab:

Langkah 1: Mempersiapkan Nasi Kimbab

  1. Masak Beras: Cuci beras sushi (nasi ketan) dan masak sesuai petunjuk di kemasan. Setelah matang, dinginkan sejenak.
  2. Campur Nasi: Campur cuka beras, garam, dan gula dalam mangkuk kecil. Setelah beras dingin, tuangkan campuran cuka ke dalam nasi dan aduk rata. Pastikan nasi tercampur dengan baik dan rasanya enak.

Langkah 2: Mempersiapkan Isian Kimbab

  1. Potong dan Tumis Bahan: Potong semua bahan isian sesuai selera Anda. Misalnya, potong daging dan tumis hingga matang, potong wortel, timun, paprika merah, dan buat omelet tipis yang akan digunakan sebagai isian. Anda juga bisa menambahkan selada hijau atau daun selada dan daun perilla jika Anda suka.
Read More :   Ditabrak Kelelawar Saat Naik Motor Pertanda Apa

Langkah 3: Mempersiapkan Lembaran Nori

  1. Panaskan Nori: Panaskan setiap lembar nori dengan menggerakkannya di atas api langsung atau di atas wajan panas selama beberapa detik. Ini akan membuat nori lebih mudah digulung dan menghilangkan kelembaban yang berlebih.
  2. Letakkan Nori di Papan Pemotong: Letakkan lembar nori di atas papan pemotong atau permukaan kerja datar. Pastikan sisi berkilau nori menghadap ke bawah.

Langkah 4: Membuat Kimbab

  1. Letakkan Nasi di Atas Nori: Basahi jari dengan air hangat dan letakkan nasi yang sudah dicampurkan dengan cuka beras di atas nori. Ratakan nasi secara merata di atas hampir seluruh permukaan nori, kecuali sekitar 2,5 cm dari tepi atas lembaran nori.
  2. Tambahkan Isian: Letakkan isian di atas nasi di bagian tengah lembaran nori. Anda dapat menyusun isian sesuai selera Anda.
  3. Gulung Kimbab: Gulung nori dari bawah ke atas, menggunakan tangan yang dibasahi air hangat untuk membantu menempelkan ujung nori yang tidak berisi nasi. Pastikan gulungan kencang dan rapi.
  4. Potong Kimbab: Gunakan pisau tajam yang dibasahi air untuk memotong gulungan Kimbab menjadi potongan-potongan sekitar 2,5 cm. Potongan ini biasanya disajikan dalam bentuk disk yang menampilkan lapisan nasi dan isian di dalamnya.

Langkah 5: Membuat Saus Kimbab (Opsional)

  1. Campurkan Semua Bahan: Campur semua bahan saus Kimbab (kecap asin, minyak wijen, biji wijen panggang, garam, merica, dan gula) dalam mangkuk kecil. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Langkah 6: Penyajian Kimbab

  1. Sajikan Kimbab: Susun potongan Kimbab di atas piring saji. Anda juga bisa menghidangkan Kimbab dengan saus yang sudah Anda buat tadi.
  2. Nikmati Kimbab: Kimbab bisa disantap langsung sebagai camilan atau makanan ringan. Anda juga dapat membungkusnya dalam plastik pembungkus atau kertas aluminimum untuk dibawa sebagai bekal atau hidangan piknik.
Read More :   Tanda Kelelawar Masuk Rumah

Kimbab homemade Anda siap dinikmati. Rasanya lezat, sehat, dan bisa disesuaikan dengan isian favorit Anda. Kimbab adalah hidangan yang sempurna untuk dinikmati di rumah atau dibawa dalam bekal. Selamat mencoba!